Kamis, 10 Okt 2019 07:35 WIB

Suara Air Saat Mandi Bisa Atasi Stres dan Kecemasan

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Suara air saat mandi bisa menenangkan (Foto: iStock) Suara air saat mandi bisa menenangkan (Foto: iStock)
Jakarta - Suara dari lonceng garpu tala, singing bowl, atau deringan lembut menciptakan gelombang suara yang menenangkan untuk meringankan pikiran dan tubuh. Selama beberapa tahun terakhir, semakin banyak orang yang beralih ke teknik kuno untuk mengurangi stres, depresi, dan kecemasan.

"Suara dan getaran bertindak seperti jaring kupu-kupu yang menangkap semua obrolan pikiran yang terus-menerus dihujani kita sepanjang hari," jelas psikolog penelitian Tamara Goldsby dari University of California, San Diego dikutip dari CNN.

Suara dan getaran yang lembut memandu pendengar ke keadaan istirahat yang dalam yang dikenal sebagai 'respons relaksasi'. "Dalam respons relaksasi, tubuh hanya menggigil, dan itu tampaknya terjadi sebagai situasi yang biasa terjadi di kamar mandi," jelas Goldsby



Dalam sebuah studi klinis, Goldsby meneliti efek meditasi suara kamar mandi pada suasana hati, kecemasan, rasa sakit fisik dan kesejahteraan spiritual. Peserta melaporkan penurunan signifikan dalam ketegangan, kemarahan, kelelahan dan suasana hati yang tertekan.

Meski demikian, orang dengan epilepsi atau sensitivitas suara yang ekstrem harus menghindari mandi dengan suara. Wanita hamil harus berkonsultasi dengan dokter mereka sebelum berpartisipasi.

Penelitian tentang kekuatan musik yang menenangkan didokumentasikan dengan baik, tetapi penelitian tentang bentuk khusus meditasi suara ini masih dalam masa perkembangan.

"Kami berencana untuk mengambil ini lebih jauh dan mempelajari respons fisiologis," kata Goldsby.



Simak Video "Benarkah Menggunakan Vape Bisa Jadi Depresi?"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)