Kamis, 10 Okt 2019 18:42 WIB

'Ngegas' Saat Tampil di Depan Umum Bisa Picu Gangguan Kecemasan

Nabila Ulfa Jayanti - detikHealth
Ngamuk di depan umum, seperti pada Ateria Dahlan, bukan cuma sekadar luapan kekesalan. (Foto: Ari Saputra) Ngamuk di depan umum, seperti pada Ateria Dahlan, bukan cuma sekadar luapan kekesalan. (Foto: Ari Saputra)
Jakarta - 'Ngegas' di depan umum, seperti ditunjukkan politikus Arteria Dahlan dalam debat dengan Emil Salim, bisa dilatarbelakangi banyak hal. Namun yang pasti, dampaknya bisa juga dirasakan orang lain yang menontonnya.

"Ketika orang marah, kita menonton orang marah, kalau kita punya kecenderungan (kurang) soal kendali diri, kita bisa ikutan marah. Yang nonton misalnya punya kecenderungan kecemasan, dan sebagainya, itu bisa terpicu," ujar dr I Gusti Rai Putra Wiguna SpKJ, psikiater dari UbudCare Clinic, pada Kamis (10/10/2019).

"Kalau sampai penonton enggak nangkap, berarti pesan marahnya tak jelas, perlu berlatih marah yang lebih sehat," jelasnya.


Arteria Dahlan ramai diperbincangkan orang karena ngamuk dalam debatnya dengan Emir Salim. Psikiater menyarankan agar peristiwa tersebut disikapi semua orang dengan kontrol emosi saat marah.

"Bercermin saja dari perilaku tersebut, jangan sampai kita marah di depan umum tanpa alasan yang jelas," ujar dr Rai.



Simak Video "Menu Diet ala Korea Ini Bisa Cegah Diabetes Loh!"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)