Kamis, 10 Okt 2019 22:15 WIB

4 Fakta Seks Oral yang Penting Diketahui

Rosmha Widiyani - detikHealth
Ada sejumlah fakta seks oral yang perlu diketahui (Foto: iStock) Ada sejumlah fakta seks oral yang perlu diketahui (Foto: iStock)
Jakarta - Bagi pasangan, seks oral mungkin menjadi kegiatan bercinta yang paling ingin dicoba. Info, kesalahpahaman, dan misteri justru memancing rasa penasaran soal seks oral.

"Saya berbicara soal seks oral hampir setiap hari bersama pasien. Tentunya saya yang menanyakannya lebih dulu. Tidak banyak wanita yang berani bertanya soal seks oral, karena reputasinya sebagai hubungan intim berisiko," kata asisten profesor bidang obstetri dan ginekologi Mary Rosser, MD, dari Columbia University Medical College dikutip dari situs Health.

Bagi pasangan yang ingin mencoba seks oral, berikut 5 hal yang wajib diketahui soal hubungan seks ini. Sebelum mencoba, pastikan telah berkomunikasi terlebih dulu dengan pasangan.



1. Lebih banyak dilakukan wanita

Studi Canadian Journal of Human Sexuality pada 2016 menyatakan, sebanyak 2/3 dari 900 responden pernah melakukan seks oral. Sayangnya, hanya 10 persen pria yang memberikan kembali seks oral setelah sebelumnya menerima. Sedangnya pada wanita jumlah ini mencapai 26 persen.

Selain itu, 59 persen wanita dilaporkan pernah melakukan seks oral pada pasangannya. Jumlah ini hanya mencapai 52 persen pada pria. Sebanyak 63 persen pria dilaporkan penah menerima seks oral, yang hanya sebesar 44 persen pada wanita.

2. Bisa menjadi sumber penularan penyakit

Beberapa penyakit dilaporkan bisa ditularkan lewat hubungan seks oral. Penyakit ini antara lain adalah kencing nanah, zika, dan HPV yang bisa mengakibatkan kanker tenggorokan.

Menghadapi risiko ini, Dr Rosser kembali mengingatkan penggunaan pelindung saat bercinta. Pelindung yang menekan peluang kontak langsung mulut dan kelamin adalah langkah minim mencegah infeksi. Selain itu, pastikan selalu menjaga kesehatan tubuh.



3. Bagaimana jika sampai menelan air mani?

Hingga saat ini belum ada bukti yang menyatakan menelan air mani saat seks oral bisa membahayakan kesehatan. Paparan air mani bahkan diklaim bisa menurunkan risiko preeklampsia dan depresi.

"Menelan air mani atau tidak, sebetulnya tidak berpengaruh pada wanita. Hal ini bergantung kecenderungan wanita saat berhubungan seks dengan pasangannya," kata Dr Rosser.

4. Sebaiknya ke dokter gigi

Dokter gigi mungkin menjadi tempat absurd berkonsultasi seputar seks oral. Namun sesuai riset dalam Journal of the American Dental Association tahun 2018, dokter gigi menjadi pihak pertama yang bisa mengetahui risiko infeksi HPV dan kanker tenggorokan akibat seks oral tanpa perlindungan.

Dokter gigi bisa meningkatkan pengetahuan dan kesadaran terkait risiko seks oral tanpa pelindung. Selanjutnya, pasien bisa melakukan pencegahan supaya tidak tertular penyakit saat seks oral.



Simak Video "Lelah Dengan Tekanan Sosial? Jangan Malu Curhat ke Psikolog"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)