Jumat, 11 Okt 2019 17:00 WIB

Wiranto Luka Tusuk di Usus, Butuh Berapa Lama untuk Sembuh?

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Momen Wiranto Ditandu di RSUD Pendeglang. (Foto: Dok. Polsek Pandeglang) Momen Wiranto Ditandu di RSUD Pendeglang. (Foto: Dok. Polsek Pandeglang)
Jakarta - Menko Polhukam Wiranto diketahui terkena luka tusuk di usus. Jika organ usus terkena luka tusuk, kerentanan infeksi dan kontaminasi jauh lebih besar.

"Usia Pak Wiranto, sudah masuk manula, lama operasi kan kemarin katanya 3 jam nah disitu dilakukan observasi untuk melihat kedalaman luka. Mau nggak mau perutnya harus dibuka," tutur dr Wisnu Pramudito D. Pusponegoro, SpB, dari Perhimpunan Dokter Emergency Indonesia kepada detikcom, Jumat (11/10/2019).

dr Wisnu menambahkan semua penyembuhan operasi itu sama. Awal proses penyembuhan ditandai dengan pengeringan luka dan jahitan di lepas. Prosesnya memakan waktu sekitar 10-15 hari.

"Tapi itu kan untuk luka mengering dan kalau jahitan perutnya sudah 2 minggu, kekuatannya sudah 70-80 persen. Tapi tetap proses penyembuhan luka akan sama," lanjutnya.


"Kalau tidak ada infeksi atau penyulit, (sembuh) 2-6 bulan. kalau ada peradangan dan infeksi bisa memanjang proses penyembuhan lukanya," sambungnya.

Kalau ada cedera di usus, tim medis akan melakukan evaluasi setiap 3-5 hari. Untuk luka di usus, dokter akan melakukan pemasangan selang yang ditujukan menilai jahitan di usus apakah jebol atau tidak.

"Masalah yang lain di luar luka, misal pasien ada penyakit penyerta atau tidak seperti kencing manis, gangguan imun, merokok, itu akan terganggu proses penyembuhannya," pungkasnya.



Simak Video "Mengenal Faktor Risiko Kanker Usus"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)