Sabtu, 12 Okt 2019 13:00 WIB

Selain Luka Tusuk, Hal-hal Ini Bisa Picu Pendarahan di Perut

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Wiranto disebut alami pendarahan. (Foto: Yulida/detikcom) Wiranto disebut alami pendarahan. (Foto: Yulida/detikcom)
Jakarta - Menko Polhukam Wiranto disebut mengalami pendarahan di perut akibat luka tusuk yang dialaminya beberapa waktu lalu. Kini kondisinya disebut telah stabil meski masih menjalani perawatan di rumah sakit.

Selain luka tusuk, ada beberapa kondisi yang bisa menyebabkan pendarahan di perut. Pendarahan di perut atau saluran pencernaan biasanya adalah gejala dari penyakit tertentu. Biasanya kondisi tersebut dapat disembuhkan atau dikendalikan.

Saluran pencernaan atau gastrointestinal meliputi kerongkongan, lambung, usus kecil, usus besar, dubur, dan anus. Pendarahan bisa berasal dari satu atau lebih dari area-area ini yang mengakibatkan radang usus besar.

Mengutip WebMD pendarahan di saluran cerna bisa disebabkan oleh penyakit berikut:


1. Bisul

Bisul pun bisa berada di organ dalam yang membesar dan menyebabkan pendarahan. Sebagian besar penyebabnya adalah infeksi bakteri Helicobacter pylori. Orang-orang yang pernah mengalami luka bakar, syok, cedera kepala, atau kanker, dan mereka yang pernah menjalani operasi besar, mungkin akan memiliki bisul tersebut.

2. Wasir

Wasir mungkin merupakan penyebab paling umum dari darah yang terlihat di saluran pencernaan bagian bawah, terutama darah yang nampak merah terang. Wasir adalah pembesaran pembuluh darah di daerah anus yang dapat pecah dan menghasilkan darah.

3. Crohn's disease

Crohn's disease adalah kondisi sistem kekebalan tubuh. Ini menyebabkan peradangan dan dapat menyebabkan pendarahan dubur.

4. Masalah pembuluh darah

Seiring bertambahnya usia, masalah dapat muncul di pembuluh darah usus besar, yang dapat menyebabkan perdarahan. Meski demikian mereka yang mengalami masalah ini biasanya memiliki penyakit penyerta.

5. Kanker perut

Kanker perut sebagian besar diderita orang yang lebih tua. Dua pertiga orang yang mengalaminya berusia di atas 65 tahun. Sulit untuk mendiagnosis kanker perut di tahap awal yang membuatnya sulit ditangani.



Simak Video "Menu Diet ala Korea Ini Bisa Cegah Diabetes Loh!"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)