Senin, 14 Okt 2019 13:35 WIB

Selain di Kulit Kepala, Ketombe Ternyata juga Ada di Alis dan Telinga Lho

Widiya Wiyanti - detikHealth
Seperti halnya kulit kepala, alis juga bisa berketombe (Foto: iStock) Seperti halnya kulit kepala, alis juga bisa berketombe (Foto: iStock)
Jakarta - Viralnya di media sosial foto yang memperlihatkan lapak jual beli ketombe menjadi perbincangan netizen. Ternyata, ketombe bukan hanya ada di kulit kepala lho.

Ahli kesehatan kulit dr I Gusti Nyoman Darma Putra, SpKK, dari DNI Skin Centre mengatakan bahwa kulit di bagian alis dan bagian lain juga bisa memproduksi ketombe atau bahkan menjadi dermatitis seboroik, kondisi yang lebih berat daripada ketombe.

"Di kulit kepala, belakang telinga, alis, lipatan garis senyum. Pokoknya di tempat sereboik yang area kulitnya memiliki kepadatan kelenjar minyak berlebih," ujarnya kepada detikcom, Senin (14/10/2019).



Menurut dr Darma, ketombe biasanya terjadi bukan karena kebiasaan keramas atau penggunaan zat kimia pada rambut. Namun jika ada zat kimia yang terkandung dalam sampo atau produk rambut lain yang dapat mengiritasi kulit, bisa jadi justru memunculkan ketombe atau bahkan dermatitis seboroik.

"Pewarna rambut itu bisa menjadi alergi bahan-bahan tertentu yang mudah menimbulkan sereboik," imbuhnya.

Ketombe muncul pada kulit yang memiliki kelenjar minyak berlebih. Sementara, dermatitis sereboik adalah kondisi yang lebih berat, yaitu angguan pada kulit kepala karena adanya peradangan yang cukup berat. Yang membedakan dengan ketombe adalah, dermatitis seboroik menyebabkan kulit kepala kemerahan, bersisik, gatal, dan terkadang rambut rontok.



Simak Video "Hmm Sering Ganti Shampo Bisa Bikin Ketombean?"
[Gambas:Video 20detik]
(wdw/up)