Senin, 14 Okt 2019 21:18 WIB

Benarkah Makan Pisang Sebelum Tidur Bikin Lebih Nyenyak?

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Makan pisang bikin tidur lebih nyenyak? (Foto: iStock) Makan pisang bikin tidur lebih nyenyak? (Foto: iStock)
Jakarta - Mengonsumsi buah pisang lebih kerap dikaitkan pada waktu sarapan, bukan di malam hari. Namun ternyata, memakan buah pisang sebelum waktu tidur disebut bisa memperbaiki kualitas tidur.

Dikutip dari Times of India, hal ini disebabkan adanya kandungan mineral dan asam amino dalam pisang dapat membantu merilekskan tubuhmu. Pisang mengandung potasium yang cukup tinggi, sekitar 487 mg dalam buah pisang yang cukup besar, kira-kira 10 persen dari asupan yang dibutuhkan tubuh.

Potasium dapat membantu merilekskan otot, sementara mineral lainnya seperti magnesium juuga memiliki manfaat yang sama, nyaris seperti obat tidur. Dalam satu buah pisang ukurang besar memiliki 37 mg magnesium, yang mencakup 12 persen asupan yang disaranakan untuk wanita dan 9 persen untuk pria.



"Pisang juga mengantu tryptophan, asam amino yang sangat berperan baik untuk membantumu tertidur. Tryptophan berubah menjadi serotonin, senyawa yang membantu cepat tidur. Buah ini juga sumber melatonin atau yang lebih dikenal dengan hormon tidur," demikian tulis situs tersebut.

Dalam sebuah studi kecil pada orang dewasa, kadar melatonin dalam darah meningkat secara signifikan dalam dua jam usai mengonsumsi pisang, menurut riset yang dipublikasikan dalam Journal of Pineal Research, yang berarti saat kadar melatonin meningkat, kita akan merasa mengantuk dan membantu cepat tidur.

Agar membantumu lebih nyenyak, konsumsi pisang dilanjur dengan segelas susu hangat untuk bisa semakin nyenyak. Susu menjadi salah satu sumber tryptophan lainnya, yang memberikan cukup serotonin yang akan mempercepat rasa kantuk.

Selain itu baik susu dan pisang kaya akan karbohidrat yang bisa membantumu mudah ngantuk. Kombinasi pisang dan segelas susu terbukti jauh lebih efektif ketimbang meminum segelas alkohol, karena bisa mengganggu tidur.



Simak Video "Ayo Jangan Malas Minum Susu dan Makan Buah!"
[Gambas:Video 20detik]
(frp/up)