Kamis, 17 Okt 2019 08:30 WIB

Bukan Hanya Perempuan, Pria Juga Rentan Kena Osteoporosis

Nabila Ulfa Jayanti - detikHealth
Osteoporosis bisa diidap pria dan wanita. (Foto: thinkstock) Osteoporosis bisa diidap pria dan wanita. (Foto: thinkstock)
Jakarta - Osteoporosis biasa dikenal sebagai "penyakitnya perempuan". Faktanya laki-laki juga rentan terkena penurunan kepadatan tulang, apalagi jika gaya hidupnya tak sehat.

Osteoporosis kerap tak disadari gejalanya karena menyerang tulang, bukan sendi apalagi otot. Perempuan yang sudah menopause menjadi rentan terkena penyakit ini karena kurangnya hormon estrogen. Pria juga punya risiko yang sama karena gaya hidup yang tak sehat.

"Laki-laki juga rentan, terutama faktor DNA, dan gaya hidupnya dipenuhi dengan kafein dan nikotin, ya risikonya sangat tinggi," ujar praktisi kesehatan dr Suci Sutinah, dalam diskusi di Jakarta Selatan baru-baru ini.


Memang, kehilangan massa tulang pada pria tak secepat perempuan yang telah mengalami menopause di usia 50-an, menurut National Institutes of Health, AS. Namun mereka mempunyai kecenderungan tulang rapuh seiring dengan bertambahnya usia.

Kafein sendiri memberi dampak pada penurunan kepadatan tulang, sebab dapat mengganggu penyerapan kalsium dalam tulang. Dengan demikian, konsumsi kopi, teh, atau kafein lainnya sebaiknya dibatasi serta diimbangi dengan olahraga.



Simak Video "Menu Diet ala Korea Ini Bisa Cegah Diabetes Loh!"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)