Kamis, 17 Okt 2019 12:50 WIB

Viral Kucing Dicekoki Ciu, Ini Deretan Kasus Keracunan Miras Hingga Meninggal

Widiya Wiyanti - detikHealth
Foto: Ilustrasi fokus Maut Miras Oplosan (Luthfy Syahban/detikcom) Foto: Ilustrasi fokus Maut Miras Oplosan (Luthfy Syahban/detikcom)
Jakarta - Media sosial tengah dihebohkan soal viralnya video kucing yang dicekoki ciu atau minuman keras. Netizen pun geram dan mengecam apa yang sudah dilakukan pria yang melakukan hal tersebut.

Ciu adalah minuman beralkohol yang dihasilkan dari proses fermentasi ketela pohon yang terbuang dalam proses pembuatan tapai. Ciu cukup populer di Pulau Jawa.



Terlepas dari kasus kucing tersebut, ciu ternyata telah banyak merenggut nyawa manusia. detikcom merangkum beberapa kasusnya yang terjadi di Indonesia.

1. Ciu maut tewaskan 2 pemuda Indramayu

Pada 10 Mei 2019, dua pemuda asal Kecamatan Jatibarang, Kabupaten Indramayu, MR (20) dan GM (24) tewas karena mengonsumsi minuman keras (miras) jenis ciu yang dioplos minuman energi.

"Ciu yang dikonsumsi korban ini dibeli dari TYN. Sehari setelah minum, seorang saksi NA melihat MR kejang-kejang dan mulutnya berbusa di rumahnya," ujar Kapolres Indramayu AKBP M Yoris Maulana Marzuki dalam keterangan tertulis yang diterima detikcom, Jumat (17/5/2019).

Pada waktu yang sama, korban lainnya, GM, mengalami kejang-kejang dan mulutnya berbusa di kamar mandi rumahnya. "GM dibawa ke rumah sakit oleh ayahnya. Namun, nyawa GM tak tertolong saat dirawat di rumah sakit," kata Yoris.



2. Ciu maut tewaskan 6 warga Yogyakarta

Tiga warga Pakualaman Kota Yogyakarta yakni Kusmedi (50), Ari Prabowo (31), dan HB Kustanto Sutrisno (46) tewas usai melangsungkan pesta miras jenis ciu. Selain ketiganya, dua warga Tegalrejo Kota Yogyakarta yakni Sugiyahartono (37) dan Kandarwasono (48), serta seorang warga Bantul yakni Gunawan juga dilaporkan tewas karena miras.

Kanit IV Satreskrim Polresta Yogyakarta, Iptu Basungkowo memastikan keenam korban tersebut tewas usai menenguk ciu yang dibeli. Mereka tewas usai melangsungkan pesta miras tiga hari berturut-turut.

Pada 18 Maret 2019, dua penjual ciu maut itu pun ditangkap karena menewaskan enam orang tersebut.



3. Miras ciu tewaskan 4 orang di Bandung

Pada April 2018, minuman keras (miras) oplosan jenis ciu menewaskan empat orang di Kota Bandung. Tiga korban sebelumnya disebut tewas usai meminum miras oplosan jenis gingseng.

"Sebelum meninggal, korban (keempat) mengalami sakit di perut dan mata gelap, tidak bisa melihat. Akhirnya dibawa ke klinik dan dirujuk ke RS Santo Yusup. Setelah itu dinyatakan meninggal dunia," jelas Kapolrestabes Bandung Kombes Hendro Pandowo via pesan singkat, Selasa (10/4/2018).



4. 4 warga Ciamis tewas karena ciu

Pada Januari 2018, empat orang warga Sindangkasih, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, tewas diduga akibat minuman keras (miras) oplosan. Mereka bersama 13 temanya sempat pesta miras jenis ciu yang dioplos minuman berenergi.

Identitas korban meninggal yaitu Nana Sutiana (29), Ade Romando (22), Egi Aprianto (25) dan Gugun Gunawan (17). Keempatnya sempat menjalani perawatan medis di rumah sakit.





Simak Video "Cegah Toksoplasma Sejak Dini"
[Gambas:Video 20detik]
(wdw/up)