Kamis, 17 Okt 2019 14:40 WIB

Vicky Nitinegoro Diamankan Polisi, Banyak Narkoba Jadi Liquid Vape

Firdaus Anwar - detikHealth
Vicky Nitinegoro diamankan terkait narkoba yang diduga ada di dalam liquid vapenya. Foto: Ismail/detikHOT Vicky Nitinegoro diamankan terkait narkoba yang diduga ada di dalam liquid vapenya. Foto: Ismail/detikHOT
Topik Hangat Narkoba dalam Vape
Jakarta - Polda Metro Jaya mengamankan artis Vicky Nitinegoro pada Rabu (16/10) karena dugaan penyalahgunaan narkoba. Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono menyebut tim Laboratorium Forensik (Labfor) sedang memeriksa barang bukti cairan misterius yang ditemukan.

"Ada cairan di vape yang diduga (narkoba)," kata Argo saat dihubungi detikcom, Kamis (17/10/2019).

Terkait hal tersebut dr Hari Nugroho dari Institute of Mental Health Addiction And Neurosience (IMAN) pernah menyebut memang saat ini makin marak penyalahgunaan narkoba berkaitan dengan penggunaan vape atau rokok elektrik. Menurut dr Hari narkoba cair ini sering disamarkan jadi liquid vape.



"Di Inggris 2017 mereka menggunakan liquid ganja, THC zat psikoaktif. MDMA juga banyak. Kokain, flakka, dan zat-zat sintetik lain. Ini sudah terjadi di Indonesia, kalau kita ngobrol dengan pengguna sintetis, ini hal yang banyak sekali terjadi," kata dr Hari beberapa waktu lalu.

Indonesia tidak memiliki regulasi khusus yang mengatur kandungan liquid vape. Hal ini yang disebut-sebut beberapa ahli jadi salah satu faktor membuat narkoba cair rentan disalahgunakan dibuat seolah-olah jadi liquid vape sehingga lolos pengawasan.

"Ini cara mengelabui, kelihatannya isinya liquidnya biasa tapi isinya drugs. Tidak ada orang yang akan menyadari isinya adalah drugs," kata dr Hari.

Sementara itu di Amerika Serikat (AS) ramainya kasus kematian di antara pengguna vape disebut-sebut berkaitan dengan kandungan narkoba pada liquid vape. Laporan terakhir setidaknya ada seribu orang dirawat karena E-cigarette or Vaping Product use Associated Lung Injury (EVALI).



Simak Video "Benarkah Menggunakan Vape Bisa Jadi Depresi?"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/up)
Topik Hangat Narkoba dalam Vape