Kamis, 17 Okt 2019 16:46 WIB

Kasus Penyiksaan Hewan yang Viral: Kucing Dicekoki Ciu, Anjing Ditembak

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Beberapa kasus penyiksaan hewan yang viral di media sosial. Foto ilustrasi: Thinkstock Beberapa kasus penyiksaan hewan yang viral di media sosial. Foto ilustrasi: Thinkstock
Jakarta - Media sosial sedang digemparkan oleh viralnya video kucing yang dicekoki ciu atau minuman keras. Netizen terutama pecinta kucing pun geram dan mengecam apa yang telah dilakukan pria tersebut.

Ini bukan menjadi kasus penyiksaan hewan pertama di Indonesia. Sebelumnya, hewan menggemaskan lain juga kerap menjadi korban penyiksaan oleh manusia.

Berikut beberapa kasus penyiksaan hewan yang pernah viral dirangkum detikcom.

1. Kucing dicekoki ciu

Kucing kembali menjadi salah satu korban penyiksaan oleh manusia. Hal ini terungkap melalui sebuah video yang viral di media sosial. Dalam video tersebut memperlihatkan seekor kucing yang kejang-kejang setelah dicekoki minuman dari gelas plastik.

Video yang viral dari Instagram Story milik akun @azzam_cancel ini memperlihatkan kucing malang itu mati mengenaskan. Tidak hanya itu, dia juga menuliskan caption lainnya terkait keadaan kucing yang disiksanya.

"Setelah 2 jam empedu bekerja keras mengeluarkan racun. Membuat tubuh si anggora bergetar. 50% ciu bekonang sudah masuk dalam darah. Merusak sebagian sistem saraf dalam otak. Otak tidak mampu memberikan intruksi kepada organ tubuh sehingga pandangan kabur dan kesadaran mengurang. Detak jantung mulai melemah. Terimakasih karenamu aku dapat membuat status ini. Semoga kau tidak pernah tenang di alam sana.. dendam lah kepadaku," tulisnya.

[Gambas:Video 20detik]



2. Kucing dicekoki miras

Sebelumnya, pada 14 Februari 2019, seekor kucing juga menjadi korban penyiksaan dari sekelompok pemuda yang mencekokinya dengan minuman keras (miras). Foto yang memperlihatkan adegan itu diposting oleh salah satu pengguna Facebook hingga viral. Dalam foto tersebut, terlihat seekor kucing yang dibekap dan diberikan miras. Belum diketahui pasti lokasi kejadian dan apakah botol itu memang berisi miras atau hanya untuk gaya-gayaan saja.


3. Abah Grandong, memakan kucing hidup-hidup

Pada Agustus 2019 jagat media sosial dihebohkan dengan video viral seorang pria yang memakan kucing hidup-hidup. Tersangka pemakan kucing yang bernama Sanca alias Abah Grandong mengaku melakukan ini karena kesal terhadap seorang pedagang yang tidak mau mengikuti perintahnya untuk mematikan lampu. Polisi mengatakan, Abah Grandong membunuh kucing tersebut sebelum memakannya hidup-hidup dengan cara yang sadis.

"Dimatiin dulu, dibelek dulu perutnya pakai kuku jari tengahnya," kata Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Pusat AKBP Tahan Marpaung saat dihubungi detikcom, Kamis (1/8/2019).


4. Penyiksaan terhadap orang utan

Tidak hanya kucing, pada 13 Maret 2019 seekor orang utan berusia sekitar 30 tahun di Subulussalam, Aceh, mengalami penyiksaan parah. Di sekujur tubuhnya bersarang 74 butir peluru dan tangan serta kakinya dipenuhi luka sayatan.

"Induk orang utan terluka parah karena benda tajam dan ditemukan 74 peluru senapan angin di tubuhnya," kata Kepala Pusat Data dan Informasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho, Rabu (13/3/2019).

5. Anjing yang ditembak brutal

Seekor anjing yang diberi nama Beedo menjadi korban penembakan brutal di Perumahan Water Point, Citraraya, Tangerang. Kejadian yang terjadi pada 13 Agustus 2019 ini viral di media sosial. Pemilik anjing, Anastasia Lucia, mengatakan anjingnya ditembak oleh pelaku berkali-kali di depan anak-anak yang sedang bermain. Anak-anak yang melihat kejadian tersebut kaget, menangis, dan mengalami trauma.



Simak Video "Teknik Meditasi Pernapasan Sederhana"
[Gambas:Video 20detik]
(wdw/fds)