Sabtu, 19 Okt 2019 15:10 WIB

Wiranto Keluar dari RSPAD, Ini 5 Tips Cepat Bugar Usai Dirawat di RS

Firdaus Anwar - detikHealth
Foto: Wiranto keluar dari RSPAD (dok Istimewa) Foto: Wiranto keluar dari RSPAD (dok Istimewa)
Jakarta - Setelah 9 hari yang lalu mengalami peristiwa penusukan, Menko Polhukam Wiranto selesai menjalani perawatan di RSPAD Gatot Soebroto. Wiranto tampak keluar dari rumah sakit (RS) pada sekitar pukul 13.10 WIB, Minggu (19/10/2019).

Sebelumnya diberitakan Wiranto ditusuk dan harus menjalani operasi karena ususnya terluka. Ia kemudian dirawat di Cerebro Intensive Care Unit (CICU).

Nah terkait hal tersebut hampir sebagian besar pasien yang pernah dirawat biasanya perlu menjalani masa penyesuaian terlebih dahulu usai keluar RS. Hal ini karena tubuh yang belum benar-benar fit untuk menjalani aktivitas.

Berikut beberapa tips yang dirangkum detikcom agar bisa cepat bugar usai dirawat di RS:


1. Bergerak, bergerak, dan bergerak

Setelah pasien selesai dirawat, melalui masa kritis, maka berikutnya adalah rehabilitasi. Tujuannya untuk mencegah munculnya gangguan fisik akibat cedera atau penyakit. Bicara pada fisioterapis latihan fisik apa yang tepat karena setiap pasien kasusnya bisa berbeda-beda.

2. Jangan tergoda malas di sofa

Setelah menghabiskan waktu lama diam di kasur tubuh mungkin mengalami perubahan seperti penyusutan otot-otot. Hal ini dapat membuat beberapa aktivitas yang dulu mungkin biasa saja seperti naik tangga atau pergi ke parkiran menjadi lebih melelahkan.

Namun demikian jangan tergoda untuk diam saja di sofa rumah setelah keluar dari RS. Semakin sering tergoda untuk malas-malasan maka tubuh perlu waktu lebih lama untuk kembali bugar.

3. Diet bernutrisi tinggi energi

Penurunan nafsu makan usai dirawat di RS sudah jadi hal yang umum. Nah supaya nafsu makan ini kembali coba perlahan-lahan konsumsi makanan ringan yang bernutrisi. Selain itu makanan dengan ekstra kalori juga bagus karena tubuh akan membutuhkan energi lebih banyak untuk mengembalikan apa yang hilang selama sakit.

4. Tidur

Satu hal yang penting jangan sampai dilupakan adalah waktu istirahat. Sebisa mungkin kembalikan pola tidur menjadi normal karena mungkin selama dirawat di rumah sakit mengalami sering terbangun di tengah malam.

Istirahat yang cukup jadi kunci tubuh yang bugar.

5. Cari teman

Setelah keluar dari RS jangan menjauh dari teman. Hubungi kerabat lewat media sosial, telepon, atau baca berita sehingga tidak merasa sendirian.

Depresi bisa jadi salah satu ancaman yang dapat memperburuk kondisi kesehatan.



Simak Video "Ikuti Gerakan Ini Untuk Atasi dan Cegah Nyeri Pinggang"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)