Sabtu, 19 Okt 2019 17:00 WIB

Wiranto Keluar RSPAD, Olahraga Ini Bisa Dicoba untuk Bantu Pemulihan

Rosmha Widiyani - detikHealth
Olahraga ini bisa bantu pemulihan usai perawatan, seperti Wiranto. Foto: Wiranto jumpa pers di Kemenko Polhukam (Arief/detikcom) Olahraga ini bisa bantu pemulihan usai perawatan, seperti Wiranto. Foto: Wiranto jumpa pers di Kemenko Polhukam (Arief/detikcom)
Jakarta - Menko Polhukam Wiranto diketahui keluar dari RSPAD Gatot Soebroto setelah menjalani perawatan selama 9 hari. Wiranto yang langsung menuju kantor untuk menemui jajarannya, mengatakan belum pulih sepenuhnya.

"Ya Anda lihat saja saya seperti ini. Tentu belum pulih ya cedera berat seperti itu tentu belum bisa pulih 100 persen, mudah-mudahan dalam waktu singkat saya bisa kembali aktivitas seperti biasa, kembali bertugas seperti biasa," kata Wiranto kepada detikcom.



Dikutip dari Medical Xpress, kemampuan mobilitas pasien biasanya berkurang usai menjalani perawatan di rumah sakit. Kondisi ini diakibatkan minimnya aktivitas karena pasien biasanya lebih banyak berbaring. Salah satu cara untuk mengembalikan mobilitas adalah olahraga.

Aktivitas fisik juga membantu pemulihan pasien sehingga bisa segera kembali beraktivitas. Tentunya, olahraga yang dilakukan tidak boleh terlalu berat, mudah, sederhana, dan efektif. Misal latihan berdiri, jalan, dan naik tangga yang mirip dengan aktivitas sehari-hari.

Olahraga juga bisa dimodifikasi dengan alat yang kuat menopang tubuh pasien, misal kursi atau meja dapur. Beberapa manfaat lain dari olahraga adalah mencegah pasien kehilangan lebih banyak otot dan kekuatan, mengembalikan keseimbangan, dan rasa percaya diri pasien untuk beraktivitas.

Untuk menjamin efektivitas dan manfaat, pasien sebaiknya melakukan olahraga sesuai saran dokter. Hal ini juga mencegah pasien memaksakan diri olahraga demi bisa segera kembali pulih dan beraktivitas seperti biasa.



Simak Video "Barre, Olahraga dengan Perpaduan Balet dan Pilates "
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)