Senin, 21 Okt 2019 08:12 WIB

Ingin Selalu Bugar Seperti Jusuf Kalla dan Ma'ruf Amin? Ini Saran Dokter

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Jusuf Kalla dan Maruf Amin (Foto: Rifkianto Nugroho) Jusuf Kalla dan Ma'ruf Amin (Foto: Rifkianto Nugroho)
Jakarta - Tetap aktif di usia yang tidak lagi muda, mantan wakil presiden Jusuf Kalla dan penggantinya Ma'ruf Amin layak jadi inspirasi. Di saat orang lain seusianya memikirkan masa pensiun, keduanya masih mengurusi banyak pekerjaan.

Tentunya level kebugaran seperti ini tidak didapat begitu saja. Ada hal-hal yang perlu dijaga agar tidak mudah sakit saat memasuki usia 50-an dan 60-an tahun.

Praktisi kesehatan dari Siloam Hospital Karawaci, dr Vito A Damay, SpJP, menyebut ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk bisa sebugar Ma'ruf Amin dan Jusuf Kalla:



1. Olahraga
Bagi senior atau lansia, tentu olahraganya tidak sembarangan. Menurut dr Vito, sepeda statis dan berenang 30 menit sehari cukup aman di usia tersebut karena tidak banyak membebani tulang dan persendian sehingga mengurangi risiko cedera. Senam juga bisa jadi pilihan untuk melatih gerak fungsional dan kelentukan.

"Angkat beban dengan supervisi sebanyak dua kali seminggu tetap dimasukkan agar melatih otot tetap kuat menopang dan mendukung aktivitas sehari-hari," tambahnya.

2. Suplemen
Terlalu sibuk hingga lupa menjaga pola makan? Bagi lansia, tentu berisiko. Karenanya, suplemen juga sangat dianjurkan. Misalnya kalsium untuk tulang, zinc untuk regenerasi sel, dan vitamin B kompleks untuk menjaga fungsi saraf.

3. Makan buah dan sayuran
Ada banyak nutrisi penting dalam buah dan sayuran. Selain vitamin dan mineral, kedua bahan pangan ini juga memberikan asupan cairan dan serat, juga antioksidan. Disarankan untuk memilih anega macam warna buah yang berbeda ketika sarapan, makan siang, makan malam, maupun ngemil.

"Makan pagi atau malam pilih buah yang padat atau banyak serat seperti pepaya, apel, pear. Siang pilih buah yang banyak airnya seperti melon dan semangka. Ngemil bisa pilih pisang apel lengkeng rambutan atau jeruk," saran dr Vito.



4. Check up rutin!
Menjaga tekanan darah di bawah 140/90, kadar kolesterol jahat (LDL) di bawah 100 mg/dL, serta kadar gula normal, sangat penting dilakukan oleh siapapun, termasuk lansia. Terlebih bila memiliki riwayat sakit jantung.

"Pemeriksaan tambahan seperti EKG dan foto thorax menjadi bagian penting juga untuk deteksi dini penyakit jantung atau perlu tambahan lainnya sesuai pemeriksaan dokter yang memeriksa," tambah dr Vito.

5. Melakukan hobi
Rekreasi bersama keluarga dan melakukan hobi bersama komunitas juga bisa meredakan stres berlebih akibat pekerjaan. Tidak ada salahnya juga bergaul dengan yang muda untuk mendapatkan inspirasi. Bernostalgia dengan rekan seumuran juga bisa mendatangkan mood positif.



Simak Video "Ingin Sehat Saat Puasa, Yuk Simak Tips dari Ibnu Jamil!"
[Gambas:Video 20detik]
(up/wdw)