Senin, 21 Okt 2019 16:08 WIB

Kulit Salak Berkhasiat, Nia Ramadhani Mungkin Memang Tak Perlu Mengupasnya

Nabila Ulfa Jayanti - detikHealth
Nia Ramadhani mengaku tidak bisa mengupas kulit salak. Atau memang sebenarnya tahu kulitnya berkhasiat? (Foto: Instagram) Nia Ramadhani mengaku tidak bisa mengupas kulit salak. Atau memang sebenarnya tahu kulitnya berkhasiat? (Foto: Instagram)
Jakarta - Artis cantik Nia Ramadhani tengah jadi buah bibir karena tidak bisa mengupas kulit salak. Tahu nggak, kulit salak itu juga banyak khasiatnya lho!

Buah salak merupakan buah tropis yang memiliki kulit yang tajam dan kasar seperti kulit ular (snakefruit). Ternyata bukan hanya buahnya saja yang punya manfaat, kulitnya juga!

Dihimpun dari berbagai sumber, kulit salak yang sudah diekstrak memberikan manfaat bagi kesehatan. Kulitnya mengandung kalsium, vitamin B, zat besi, fosfor, dan zat penting lain.



1. Mengobati Diabetes

Diabetes atau kencing manis terjadi karena tingginya kadar glukosa dalam darah karena tubuh tidak bisa menggunakan insulin dengan baik. Ekstrak kulit salak membantu mengobati diabetes karena memiliki unsur ferulic acid, pterostilbene, arginin, dan cinnamic acid derivatives.

Kulit salak dapat digunakan dengan merebus kulitnya dan memanfaatkan air rebusannya. Minum rutin hingga 2 minggu dengan konsumsi 1L per hari untuk mendapatkan manfaat kulit salak, yakni menurunkan kadar gula darah.

2. Mencegah Sembelit

Kulit buah salak, di bagian kulit ari (lapisan epidermis), mempunyai sari serat yang lumayan tinggi sehingga mampu mengatasi masalah buang air besar. Anda bisa merasakan manfaatnya dengan cara mengkonsumsi kulit ari bersama si buah salak.



Simak Video "Viral! ODGJ Bantu Buka Jalan Ambulans di Bandung"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)