Selasa, 22 Okt 2019 06:31 WIB

Bikin Resah! Hoax Kesehatan Terbanyak Ketiga Setelah Hoax Politik dan Agama

Michelle Natasya - detikHealth
Hoax kesehatan cepat viral umumnya karena menakut-nakuti (Foto: iStock) Hoax kesehatan cepat viral umumnya karena menakut-nakuti (Foto: iStock)
Jakarta - Masifnya penyebaran informasi membuat kita rentan termakan berbagai isu hoaks. Ketua Presidium Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (MAFINDO), Septiaji Eko Nugroho mengatakan bahwa hoaks seputar isu kesehatan merupakan yang paling banyak ketiga, setelah hoaks isu politik dan agama.

"Dalam catatan kami dua tahun terakhir hoaks di Indonesia ini masih jadi kendala yang cukup besar. Setiap bulan kurang lebih 60 sampai 100 hoaks yang kami terima yang mengotori ruang publik digital kita. Yang paling masif itu masih politik dan agama. Ketiga, diikuti dengan topik kesehatan yang di dalamnya termasuk isu obat dan makanan," jelas Septiaji saat ditemui detikcom, Senin (21/10/2019).

Tahun 2018, Mafindo mencatat terdapat kurang lebih 6 persen dari total 997 isu hoaks terkait kesehatan, obat, dan makanan di Indonesia. Meskipun angka ini terkesan kecil, Septiaji mengingatkan untuk tidak menganggap remeh hoaks seputar kesehatan.

"Ini umumnya mengandung unsur ketakutan dan kecemasan sehingga cepat viral," katanya.



Septiaji menganggap hoaks tentang kesehatan tidak kalah berbahaya dengan hoaks politik dan agama. Menurutnya, hoaks kesehatan ini dapat berdampak fatal seperti terapi kesehatan yang keliru, penggunaan obat yang keliru, dan keputusan yang keliru.

Septiaji memberi contoh hoaks terkait vaksin. Ia menduga ada korelasi antara berbagai hoaks vaksin dengan penolakan sebagian masyarakat terhadap upaya vaksinasi dari pemerintah yang pada akhirnya menjadi ancaman munculnya penyakit-penyakit yang sebenarnya bisa dicegah.

"Tentu ini ironi yang besar. Dengan informasi yang keliru orang bisa mengambil keputusan yang keliru juga. Dampaknya bukan hanya ke pribadi saja tapi juga mengancam kualitas generasi yang akan datang," pungkasnya.



Simak Video "Viral! ODGJ Bantu Buka Jalan Ambulans di Bandung"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)