Rabu, 23 Okt 2019 07:00 WIB

Tips Sehat Budi Karya Sumadi, Calon Menteri Jokowi yang 'Hobi' Tidur Siang

Rosmha Widiyani - detikHealth
Budi Karya Sumadi ke Istana (Andhika Prasetia/detikcom). Budi Karya Sumadi ke Istana (Andhika Prasetia/detikcom).
Jakarta - Budi Karya Sumadi menjadi salah satu calon menteri yang dipanggil Presiden Joko Widodo ke Istana Negara, Selasa (22/10/2019). Sebelumnya Budi menempati posisi sebagai Menteri Perhubungan menggantikan Ignasius Jonan.

Sebagai menteri, Budi akrab dengan aktivitas padat tanpa jeda. Kepada detikcom, Budi mengatakan biasa memulai aktivitas pada pukul 05.00 dan berangkat ke kantor jam 07.30. Budi punya tips sendiri supaya energinya selalu terjaga sepanjang hari.

"Saya saat siang memang membiasakan tidur selama 15 menit sampai setengah jam. Jam 13.00 setelah makan saya kerja lagi. Biasanya di kantor jam 18.00 sampai jam 20.00," kata Budi yang juga sempat menjadi bos di PT Angkasa Pura II.



Menurut dokter ahli kesehatan tidur dr Andreas Prasadja, RPSGT, power nap selama 20-40 menit saat waktu istirahat bisa kembali menyegarkan otak dan mengurangi kelelahan. Kurang tidur, kelelahan, dan stres bisa menurunkan kewaspadaan otak dan kurang konsentrasi.

"Power nap 20 menit saja cukup. Banyak perusahaan besar yang sudah menerapkan sehingga tidak memaksakan pekerja untuk bekerja. Kalau malam hari siklus tidur bisa didapat dalam 120 menit, tetapi jika siang 20 menit cukup untuk mengembalikan produktivitas karyawan," ujar dr Andreas pada detikcom beberapa waktu lalu.

Tidur 20-40 menit diharapkan bisa mengembalikan kebugaran dan menurunkan risiko yang tidak diharapkan. Misal terjadi kecelakaan kerja karena terlalu lelah.



Simak Video "Ingin Sehat Saat Puasa, Yuk Simak Tips dari Ibnu Jamil!"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)