Rabu, 23 Okt 2019 18:13 WIB

11 Tanaman Pengusir Nyamuk Alami untuk di Rumah

Virgina Maulita Putri - detikHealth
11 Tanaman Pengusir Nyamuk Alami untuk di Rumah Foto: Thinkstock 11 Tanaman Pengusir Nyamuk Alami untuk di Rumah Foto: Thinkstock
Jakarta - Nyamuk adalah salah satu hewan nakal yang menjadi musuh manusia. Gigitannya tidak hanya sakit dan terasa gatal tapi juga bisa mengakibatkan berbagai penyakit seperti malaria dan demam berdarah dengue.

Banyak orang menggunakan obat berbahan kimia untuk mengusir nyamuk. Padahal obat ini berpotensi mengakibatkan dampak buruk bagi kesehatan.



Ternyata ada alternatif alami untuk mengusir nyamuk yaitu dengan menggunakan tanaman pengusir nyamuk. Berikut detikHealth rangkum 11 tanaman pengusir nyamuk yang ampuh untuk mengusir nyamuk di rumah:

1. Geranium

Tidak semua jenis geranium ampuh dalam mengusir nyamuk. Jenis yang paling banyak digunakan adalah citronella geranium (Pelargonium citrosum) yang menghasilkan minyak citronella yang bisa mengusir nyamuk dan serangga.

2. Serai

Ekstrak dan minyak esensial yang dihasilkan oleh serai bisa digunakan untuk mengusir nyamuk. Tidak heran jika lilin aromaterapi atau lotion anti nyamuk menggunakan serai sebagai bahan utamanya.

3. Peppermint

Peppermint mengandung minyak yang biasa digunakan untuk mengusir nyamuk yang ada di rumah. Selain itu daun peppermint juga bisa dimanfaatkan sebagai perasa misalnya untuk teh atau permen.

4. Lemon Balm

Lemon balm adalah tanaman pengusir nyamuk yang mengandung aroma lemon yang cukup kuat. Tapi saat menanam lemon balm sebagai tanaman pengusir nyamuk di kebun kalian harus hati-hati karena spesies tanaman ini cukup invasif.

5. Lavender

Lavender memiliki aroma yang sangat wangi untuk hidung manusia. Tapi aroma wangi ini justru sangat mengganggu bagi nyamuk.

Jenis lavender yang disarankan untuk mengusir nyamuk adalah lavandin yang memiliki kandungan camphor yang sangat tinggi. Tidak hanya ampuh mengusir nyamuk, lavender juga bisa mengusir lalat dan rayap.

11 Tanaman Pengusir Nyamuk untuk di Rumah11 Tanaman Pengusir Nyamuk untuk di Rumah Foto: iStock


6. Rosemary

Rosemary adalah tanaman yang biasa digunakan untuk membumbui masakan. Tanaman ini juga berguna untuk mengusir serangga terutama nyamuk yang ada di rumah.

Kalian juga bisa membakar rosemary untuk menciptakan pengusir nyamuk alami yang aromanya wangi.

7. Catnip

Catnip atau Nepeta cataria adalah tanaman yang biasa digunakan untuk merangsang kucing agar lebih aktif. Walau dicintai kucing, tanaman ini justru dibenci oleh nyamuk.

Tanaman ini masih berhubungan dengan mint. Catnip mengandung zat nepetalactone yang bisa menarik kucing sekaligus mengusir nyamuk.

8. Basil

Menaruh satu pot basil di dapur bisa bermanfaat untuk memasak sekaligus mengusir nyamuk. Sebagai tambahan, studi menemukan bahwa minyak esensial dari basil bisa beracun bagi larva nyamuk.



9. Sage

Jika kalian sedang pesta barbeque di luar rumah, pasti sering diganggu oleh nyamuk. Agar bisa bakar-bakar dan makan-makan dengan lebih tenang, coba taruh sedikit sage di api untuk mengusir nyamuk.

10. Marigold

Bunga cantik ini tidak hanya berwarna cerah tapi juga bisa mengusir nyamuk. Tanaman ini mengandung pyrethrum, bahan yang sering ditemukan di beberapa obat pengusir nyamuk.

11. Bawang Putih

Tanaman pengusir nyamuk lainnya adalah bawang putih. Baunya yang menusuk tidak disukai oleh nyamuk. Kalian juga bisa memeras cairan dari bawang putih dan oleskan cairan tersebut di kulit untuk mengusir nyamuk.

Simak Video "Kata Dokter Soal Pria Sulit Lakukan 'Chair Challenge' yang Viral"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/erd)