Jumat, 25 Okt 2019 05:30 WIB

Sertijab Menkes, dr Terawan Singgung Tingginya Harga Obat dan Alat Kesehatan

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
dr Terawan (Andhika Prasetia/detikcom) dr Terawan (Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta - Nila F Moeloek resmi menyerahkan mandat Menteri Kesehatan ke dr Terawan Agus Putranto, SpRad(K). Dalam agenda serah terima jabatan (Sertijab), dr Terawan menyinggung beberapa arahan yang disampaikan oleh Presiden Jokowi mengenai isu kesehatan yang dihadapi saat ini.

"Izinkan saya menyampaikan arahan Presiden. Sesaat sebelum dilantik, beberapa isu kesehatan yang diamanatkan untuk diselesaikan. Ada 2 yang utama yaitu masalah stunting dan JKN (Jaminan Kesehatan Nasional)," kata Menkes Terawan saat dijumpai di Acara Sertijab Menteri Kesehatan di Kantor Kementerian Kesehatan, Kamis (24/10/2019).

Selain 2 isu besar tersebut, Menkes Terawan juga menyampaikan soal masalah lain yang harus diselesaikan yakni harga obat dan alat kesehatan yang masih cukup tinggi.



"Ini menjadi arahan langsung dari Presiden jadi saya harus sampaikan untuk diselesaikan dengan baik. Masalah kesehatan lainnya yang sempat dibahas adalah masalah harga obat dan alat kesehatan yang tinggi dan masih rendahnya alat kesehatan buatan dalam negeri," tambahnya.

Pada kesempatan tersebut, dr Terawan juga mengapresiasi langkah Nila F Moeloek sebagai Menkes periode sebelumnya yang berhasil meningkatkan cakupan JKN dan juga terobosan soal bahan baku obat buatan Indonesia.

"Pada era Bu Nila sudah dijalankan JKN saya menyadari sepenuhnya tantangan yang dihadapi," sebutnya

"Tapi tadi saya bangga sekali karena ternyata Ibu Nila sudah memulai dengan produksi dengan sudah adanya 15 bahan baku obat buatan Indonesia. Hal-hal yg disampaikan presiden akan menjadi fokus utama untuk segera diupayakan solusinya," pungkasnya.



Simak Video "Kemesraan Menkes Terawan dengan IDI Bicara Soal JKN"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)