Jumat, 25 Okt 2019 09:28 WIB

Viral Menteri Siti Nurbaya Mirip Ari Lasso, Fenomena 'Doppelganger'?

Widiya Wiyanti - detikHealth
Menteri Siti Nurbaya memiliki kemiripan wajah dengan Ari Lasso. Foto: Dok. Facebook Siti Nurbaya Menteri Siti Nurbaya memiliki kemiripan wajah dengan Ari Lasso. Foto: Dok. Facebook Siti Nurbaya
Jakarta - Foto Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Siti Nurbaya menjadi viral di media sosial setelah disandingkan dengan foto Ari Lasso. Foto itu menjadi perbincangan netizen lantaran keduanya dianggap memiliki kemiripan wajah.

"Sejak kemarin katanya foto ini jadi viral. Apa iya kami mirip?" kata Siti Nurbaya dalam akun Facebooknya.

Ternyata ada penjelasan ilmiah soal wajah mirip lho. Fenomena ini dikenal dengan 'doppelganger' di mana seseorang bisa mirip tanpa terikat biologis. Hal ini memungkinkan kok menurut ilmu sains.



Dikutip dari Global News, Michael Sheehan, asisten profesor neurobiologi dan perilaku di Universitas Cornell menyimpulkan dalam sebuah penelitian baru-baru ini bahwa wajah kita telah berevolusi karena pentingnya individualitas bagi spesies kita.

"Manusia benar-benar sangat beragam, tetapi kamu tidak melihatnya pada spesies lain," kata Sheehan.

Faktanya, kita tidak begitu beragam secara genetik. Jadi pada akhirnya, itu akan bergabung secara acak dan 'membentuk' kamu seperti sekarang. Tapi itu tidak berarti 'kembaran' kamu itu adalah duplikat yang persis sama dengan kamu. Dia mungkin memiliki senyum yang sama, mata warna yang sama, tetapi ketika lebih dekat kamu pasti akan menemukan sesuatu yang tidak sama di antara kamu dan dia.

Akan tetapi bisa jadi itu karena persepsi. Teman-teman kamu mungkin melihat beberapa fitur serupa yang menonjol pada 'kembaran' kamu dan menyamakannya ke kamu.

Nah, lantas apa yang membuat seseorang bisa sangat mirip dengan orang lain? Ini mungkin merupakan pilihan dari gen kita sendiri. "Ini seperti Rubik's Cube -- kamu bisa mendapatkan banyak variasi. (Namun) ada semacam permainan angka untuk itu," jelasnya.



Simak Video "Viral Cerita Karyawan Sakit Leher Menahun Karena Kelamaan Kerja"
[Gambas:Video 20detik]
(wdw/up)