Jumat, 25 Okt 2019 10:17 WIB

PR Penting Menkes Terawan Soal Harga Obat dan Alat Kesehatan

Nurul Khotimah - detikHealth
Sertijab Menteri Kesehatan (Foto: Khadijah Nur Azizah/detikHealth) Sertijab Menteri Kesehatan (Foto: Khadijah Nur Azizah/detikHealth)
Jakarta - Pengadaan obat-obatan dalam negeri menjadi salah satu masalah yang disoroti presiden Joko Widodo (Jokowi). Pasalnya, harga obat dan alat kesehatan masih tinggi. Pengadaan alat kesehatan buatan dalam negeri juga belum banyak.

Kepada Menkes baru dr Terawan Agus Putranto, Jokowi berpesan untuk selanjutnya mengatasi masalah tersebut. Pesan yang sama juga disampaikan oleh Menkes sebelumnya, Nila F Moeloek di sela upacara serah terima jabatan (Sertijab), Kamis (24/10/2019).

"Karena merdeka sudah 71 tahun bahan baku obat belum ada sedikit pun yang dibuat di Indonesia. Tapi ternyata bisa sekarang 15 persen," kata Nila.



Pengadaan bahan baku obat buatan dalam negeri belum sepenuhnya rampung. Ini tugas lanjutan untuk kepeminpinan Terawan lima tahun kedepan.

"Sekarang 15 persen suatu hari bisa 100 persen," pungkasnya.

Ungkapan ini menjadi pesan titipan Nila kepada Menkes Terawan agar pengadaan alat kesehatan dan obat-obatan dapat dibuat di dalam negeri.



Simak Video "Kemesraan Menkes Terawan dengan IDI Bicara Soal JKN"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)