Sabtu, 26 Okt 2019 16:38 WIB

Seperti Menkes Terawan, Dokter Ini Ingin Nyumbang BPJS Kesehatan

Widiya Wiyanti - detikHealth
Foto: Twitter/@GiaPratamaMD Foto: Twitter/@GiaPratamaMD
Jakarta - Gebrakan pertama yang dilakukan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto di awal pemerintahannya adalah memberikan gaji pertamanya untuk BPJS Kesehatan demi mengatasi defisit yang nilainya cukup besar.

"Gaji dan tunjangan kinerja (tukin) pertama saya untuk BPJS Kesehatan. Nanti BPJS Kesehatan yang mengatur supaya jangan sampai ada kesalahan dalam penyaluran dan ketentuan. Karena saya juga nggak mau kalau sampai melanggar aturan," katanya beberapa waktu lalu.

Hal yang sama pun ingin dilakukan oleh dokter sekaligus influencer, dr Gia Pratama, MD. Ia menuliskan keinginannya itu di akun Twitternya, @GiaPratamaMD.

"Mantaaappp. Aku juga bakal ikut Pak Menteri, nyumbang BPJS di luar iuran. Semoga petinggi BPJS ikutan," tulisnya pada Sabtu (26/10/2019).



Kepada detikcom, dr Gia mengaku keinginannya itu sudah muncul sebelum Menkes Terawan mengatakan hal demikian, namun ia masih tidak tahu bagaimana cara memberikan sebagian uangnya untuk BPJS Kesehatan di luar iuran.

"Benar... Karena aku tahu banget siapa yang menikmati, pasien aku sendiri yang butuh. Termasuk keluargaku juga pakai," ungkapnya.

Lanjut dr Gia, defisit yang dialami BPJS Kesehatan jika tidak tertangani dengan cepat akan terus-menerus membengkak dan berimbas pada banyak hal, misalnya pada pelayanan kesehatan.

Maka, metode gotong royong seperti yang ingin dilakukannya dan juga Menkes Terawan dianggap bisa membantu mengatasi defisit. Apalagi jika dilakukan juga oleh banyak orang dari berbagai kalangan.

"Ya untuk kita, dari kita, oleh kita," tutupnya.



Simak Video "Kemesraan Menkes Terawan dengan IDI Bicara Soal JKN"
[Gambas:Video 20detik]
(wdw/frp)