Senin, 28 Okt 2019 11:39 WIB

BMKG Prediksi Jakarta Hujan Lebat, Berikut Tips Agar Tidak Tumbang

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
BMKG memprediksi sebagian besar daerah di Jakarta diguyur hujan lebat. (Foto: Grandyos Zafna) BMKG memprediksi sebagian besar daerah di Jakarta diguyur hujan lebat. (Foto: Grandyos Zafna)
Jakarta - Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi sebagian besar daerah di Jakarta diguyur hujan lebat disertai kilat pada hari Senin (28/10). Daerah yang diprediksi akan diguyur hujan antara lain Cempaka Putih, Kemayoran, Jatinegara, Matraman, Pulo Gadung, Kelapa Gading, Tarumajaya, Babelan, dan sekitarnya.

"Berpotensi terjadi hujan sedang-lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang pada pukul 10.30 WIB," kata BMKG dalam keterangan tertulisnya, Senin (28/10/2019).

Saat hujan datang, risiko terserang penyakit pun akan lebih mudah terjadi contohnya demam, flu, pilek, dan infeksi. Oleh karenanya usahakan untuk selalu menjaga kesehatan dengan tips berikut:


1. Konsumsi makanan atau minuman hangat

Cuaca yang dingin paling pas ditemani dengan suguhan yang hangat. Secangkir teh atau kopi panas dan semangkuk sup hangat bisa menjadi pilihan terbaikmu. Ahli gizi dan diet dari University of Sydney, Leona Victoria Djajadi MND, mengatakan makanan atau minuman hangat, merupakan salah satu pilihan yang baik untuk kamu yang tetap ingin menjaga kehangatan tubuh dari dalam.

"Makanan yang bersifat hangat, seperti mengandung jahe, merica, cabe, sangatlah cocok konsumsi saat cuaca dingin," ujarnya kepada detikcom beberapa waktu lalu.

2. Jangan lupa mandi

Cuaca dingin bisa bikin orang malas mandi padahal penumpukan keringat akibat kelembaban pada musim hujan membuat tubuh rentan terkena infeksi. Mandi dengan air hangat bisa membantu memulihkan suhu tubuh sekaligus menyingkirkan bakteri dan kuman.

3. Usahakan tetap kering

Berteduh jika dirimu terjebak hujan saat berada di tengah jalan. Air hujan yang jatuh dan menggenak telah terkontaminasi bakteri dan virus penyebab penyakit seperti leptospirosis dan infeksi jamur yang menyerang kuku.

Usahakan persiapkan diri dengan membawa baju cadangan. Persiapkan jas hujan dan payung sebagai langkah antisipasi.



Simak Video "Teknik Meditasi Pernapasan Sederhana"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)