Senin, 28 Okt 2019 14:00 WIB

Orang Tua Merokok, Asapnya Bisa Sebabkan Kerusakan Mata Anak

Firdaus Anwar - detikHealth
Asap rokok bisa menyebabkan masalah mata pada anak. (Foto: iStock) Asap rokok bisa menyebabkan masalah mata pada anak. (Foto: iStock)
Jakarta - Beberapa orang tua mungkin sering melarang anak terlalu lama menatap layar, khawatir matanya akan rusak. Tapi tahukah Anda bahwa ancaman kesehatan mata anak tersebut bisa datang tak hanya dari pemakaian gawai tapi juga asap rokok.

Studi terbaru yang dilakukan oleh peneliti di Hong Kong menemukan anak-anak yang lebih banyak terpapar asap rokok kondisi struktur matanya lebih tipis dibandingkan anak lain. Jason Yam dari The Chinese University of Hong Kong menjelaskan hal ini diketahui setelah memeriksa data lebih dari 1.400 anak.


Jason menjelaskan lebih detail bahwa ia mendapatkan data paparan asap rokok dari orang tua. Setelah itu peneliti membandingkan dengan hasil pemeriksaan lapisan koroid mata anak yang banyak berisi pembuluh darah.

Hasilnya didapatkan anak-anak yang terpapar asap rokok lapisan koroidnya rata-rata lebih tipis 6-8 micrometer dibandingkan anak yang tidak terpapar.

"Artinya orang tua harus berusaha berhenti merokok untuk melindungi mata anak mereka... Orang tua juga harus bertanggung jawab melindungi anak, mencegahnya agar tidak terkena asap rokok," kata Jason seperti dikutip dari Reuters.

Menurut peneliti lapisan koroid mata yang tipis bisa berhubungan dengan masalah kesehatan mata. Anak yang koroidnya tipis berisiko tumbuh dengan gangguan penglihatan di masa depan.



Simak Video "Cara Jaga Kesehatan Mata saat Gunakan Gadget"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/up)