Senin, 28 Okt 2019 14:40 WIB

Jakarta Diprediksi Hujan, Waspadai 4 Penyakit yang Biasa Muncul Ini

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Musim hujan, banyak penyakit bermunculan (Foto: Rifkianto Nugroho) Musim hujan, banyak penyakit bermunculan (Foto: Rifkianto Nugroho)
Jakarta - Beberapa daerah di Jakarta diprediksi akan hujan lebat oleh Badan Meteorologi dan Geofisika (BMKG). Saat hujan tiba, tidak dapat dipungkiri bahwa tubuh jadi rentan penyakit.

Kombinasi iklim yang lembab, hujan dan angin kencang tanpa disadari dengan mudah menyebabkan penyakit menular. Parasit, bakteri, virus, dan jamur cenderung tumbuh subur dan berkembang dalam genangan air di dalam lubang.

Berikut ini adalah penyakit yang harus diwaspadai di kala hujan seperti yang dirangkum detikcom dari berbagai sumber.



1. Diare

Penyakit pencernaan yang umum terjadi ini disebabkan oleh konsumsi makanan dan minuman yang tidak higienis. Diare sangat bisa dicegah dan diobati dengan hati-hati. Ada dua jenis diare, yaitu akut dan kronis, dan tentu masih dapat diatasi. Meminum air matang dan memakan makanan dari rumah atau membawa bekal dari rumah menjadi salah satu cara terbaik untuk mencegah terjadi diare.

2. Leptospirosis

Leptospirosis disebabkan oleh bakteri yang disebut Leptospira interrogans. Organisme ini dibawa oleh banyak hewan dan hidup di ginjal mereka dan dapat menulari manusia lewat kotoran dan urin hewan.

Peradangan, menggigil, nyeri otot, sakit kepala, dan demam adalah gejala umum penyakit ini. Jika memiliki luka atau memar apa pun, lebih baik untuk menutupinya ketika melangkah keluar untuk menghindari penyakit ini.

3. Infeksi saluran pencernaan

Muntah, diare, dan sakit perut adalah infeksi perut yang paling umum terjadi pada cuaca seperti ini. Mayoritas disebabkan oleh konsumsi makanan dan produk cair yang tidak ditangani dengan baik. Gastroenteritis adalah infeksi perut yang paling umum terjadi saat musim hujan tiba.

4. Demam tifoid

Demam tifoid atau sering disebut tipus merupakan penyakit yang ditularkan melalui air kotor memakan makanan dan minuman yang dimasak tidak bersih. Bakteri S. Typhi menjadi pelaku utama dari penyakit ini, dan seringkali anak-anak menjadi korbannya.

Demam, sakit kepala, lesu, tenggorokan sakit dan nyeri adalah beberapa gejala dari demam tifoid. Kurangi jajan di pinggir jalan dan minum-minuman sehat seperti air putih yang jelas sumbernya.



Simak Video "Catet! 5 Hal Ini Bantu Tubuh Terhindar dari Sakit Saat Kehujanan"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)