Senin, 28 Okt 2019 18:13 WIB

Stres Seperti Kartika Putri Saat Anak Sakit, Begini Harusnya Suami Bersikap

Widiya Wiyanti - detikHealth
Kartika Putri (Foto: Asep Syaifullah/detikHOT) Kartika Putri (Foto: Asep Syaifullah/detikHOT)
Jakarta - Kartika Putri merasa sedih hingga stres saat anaknya yang baru lahir harus dirawat di rumah sakit lantaran sakit kuning. Diungkapkan suaminya, Habib Usman bin Yahya, Kartika selalu menangis melihat putrinya itu.

Kesedihan dan kekhawatiran seorang ibu saat anaknya sakit sangatlah wajar. Psikolog klinis dari Personal Growth Kantiana Taslim, MPsi, Psikolog pun mengatakan bahwa peran suami dan orang terdekat sangat penting agar emosional sang ibu tidak semakin memburuk.

"Berikan dukungan kepada istri dalam berbagai aspek. Dari mulai dukungan akan kebutuhan fisik, rutinitas sehari-hari, hingga dukungan emosional," ujar psikolog yang akrab disapa Nana itu kepada detikcom, Senin (28/10/2019).



Suami dapat membantu istri yang masih dalam masa pemulihan dengan cara melakukan berbagai peran dan tugas rumah tangga yang dapat dilakukan suami. Beri juga kesempatan istri untuk beristirahat dengan optimal.

"Temani dan dengarkan dirinya, karena ia sedang butuh teman bicara," imbuh Nana.

Nana juga menyarankan tidak memberikan kritik, nasihat, saran-saran yang mengandung penilaian. Beri juga pengertian kepada keluarga terdekat untuk turut mendukung pemulihannya. Jika dirasa perlu, sang ibu juga bisa berkonsultasi kepada ahlinya.



Simak Video "Teknik Meditasi Pernapasan Sederhana"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)