Selasa, 29 Okt 2019 09:25 WIB

Seputar Wilder Penfield dan Fakta Menariknya

Rizky Wika Shintya Devi - detikHealth
Wilder Penfield. Foto: Istimewa Wilder Penfield. Foto: Istimewa
Jakarta - Nama Wilder Penfield sudah tak asing lagi di Kanada. Sosoknya bahkan mendapat julukan 'The Greatest Living Canadian' yang memiliki arti manusia terhebat dari Kanada.

Lalu, seperti apa sosok ahli bedah otak dan saraf termahsyur di Kanada itu?


Yuk simak berikut ini beberapa fakta menarik Wilder Penfield yang dirangkum detikHealth :


1. Wilder Penfield Biography

Wilder Penfield lahir di Spokane, Amerika Serikat pada 26 Januari 1891. Ia dikenal sebagai pionir dalam pemetaan otak dan teknik bedah otak untuk perawatan pasien epilepsi akut. Tak hanya itu, Wilder merupakan pendiri dan direktur pertama Montreal Neurological Institute, Kanada.


2. Karir Wilder Penfield

Saat perang dunia I, Wilder pernah bekerja di rumah sakit militer di Paris. Kemudian Wilder Penfield menjadi ahli bedah otak pertama di Montreal dan mendirikan Montreal Neurological Institute, Kanada pada tahun 1934.Di tahun yang sama, ia akhirnya menjadi warga negara Kanada.

Tak hanya itu ia juga mengajar di Mc Gill University dan Royal Victoria Hospital. Selain menjadi ahli bedah otak dan saraf, ia juga seorang penulis loh. Karyanya berupa novel 'The Mystery of The Mind' (1975) dan otobiografi tahun 1891-1934 dan pandangan tentang masalah otak yang berjudul 'No Man Alone' (1977).

3. Julukan Manusia Terhebat dari Kanada

Selama menjadi ahli bedah otak, ia membawa kemajuan karena berhasil memetakan dan mengoperasi otak untuk mengobati epilepsi.

Berkat wilder Penfield, dokter hebat dari Kanada yang mengembangkan metode dan teknik operasi otak serta pemetaan fungsi otak, ia mendapatkan julukan 'The Greatest Living Canadian' atau manusia terhebat dari Kanada.


4. Prosedur Montreal

Prosedur Montreal merupakan perawatan bagi pasien yang memiliki kondisi kejang otak, dengan cara menghancurkan sel saraf bermasah dengan menariknya menggunakan alat beraliran listrik dengan kondisi pasien masih tersadar.

Operasi ini dilakukan bersama dengan rekannya bernama Herbert Jasper pada tahun 1950 hingga membuat namanya dikenal sebagai Wilder Penfield ahli bedah otak.


5. Pendidikan

Wilder Penfield memililki latar belakang dalam bidang kedokteran yang diturunkan langsung dari sang ayah. Bakat alamiahnya itu ia manfaatkan untuk mengikuti jejak sang ayah. Ia mulai mengenyam pendidikan pada tahun 1913 di Princeton University.

Dua tahun berikutnya, ia mendapatkan beasiswa RHodes ke Merton College, Inggris yang mana sebagai tempat belajar mengenai neuropatologi di bawah bimbingan Sir Charles Scott Sherrington. Ia akhirnya melanjutkan pendidikan kedokteran singkatnya di Johns Hopkins School of Medicine dan memulai perjalanan karirnya hingga menjadi ahli bedah otak dan saraf.

6. Penghargaan

Turut berkontribusi di bidang ahli bedah, ia mendapatkan penghargaan berupa Medali Lister dan mendapatkan kesempatan menyampaikan orasi Lister dengan judul "Aktivasi Rekaman Pengalaman Manusia" di Royal College of Surgeons of England pada 27 April 1961.

Pada tahun 1967, ia diangkat menjadi sahabat Ordo Kanada dan dilantik menjadi Canadian Medical Hall of Fame pada tahun 1960. Juga, ia berhasil meningkatkan status Kanada dalam perawatan kesehatan global, sains dan penemuan terhadap neuroscience modern.

Nama wilder Penfield pun diabadikan dan menjadi ikon budaya dalam karya penulis fiksi kenamaan Philip K Dick'snovel Do Androids Dream of Electric Sheep? (1968) dan lata belakang film Blade Runner (1984).


7. Wafatnya Wilder Penfield

Sebelum wafat, ia pensiun dari dunia kesehatan pada tahun 1960 dan mengabdikan diri untuk menjadi pengajar di universitas. Dan, pada 5 April 1976 Widler wafat karena menderita penyakit kanker perut Royal Victoria Hospital, Montreal.


8. Wilder Penfield Google Doodle

Laman mesin pencarian, Google menampilkan sosok Wilder Penfield yang berulang tahun ke-127 pada (26/1/2018).Atas pencapaiannya, ia dibuatkan ilustrasi interaktif yang ditampilkan berupa seorang pria tua yang disampingnya terlihat ilustrasi otak, mata, hidung membentuk logo Google.







Simak Video "Teknik Meditasi Pernapasan Sederhana"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/erd)