Rabu, 30 Okt 2019 08:35 WIB

PNS di Sulsel Sampai Adu Jotos, Ini Lho Manfaat Sehat Tidur Siang

Nurul Khotimah - detikHealth
Tidur siang bisa bermanfaat untuk kesehatan. (Foto: thinkstock)
Jakarta - Selepas makan siang, rasa kantuk sering menggoda untuk merebahkan tubuh. Sedikit menyandarkan kepala dan memberikan peregangan pada tubuh rupanya mengundang ketika siang hari.

Seperti PNS di Sulawesi Selatan yang memutuskan beranjak dari layar komputer dan merebahkan tubuh di gudang kantor. Sayangnya, keinginan untuk menyegarkan badan dan pikiran dengan tidur siang berujung adu jotos.

Jika bisa dipenuhi, tidur siang juga memiliki segudang manfaat, lho. Menurut Andrei Medvedev, asisten profesor di Center for Functional and Molecular Imaging Georgetown University, saat tidur ada banyak hal yang terjadi pada otak.

Begitu pula dengan tidur siang, otak mengerjakan beberapa tugas mental seperti pengorganisasian dan pengolahan informasi. Selain itu, ia juga menjelaskan beberapa manfaat unik lainnya seperti dikutip dari Fox News.


1. Meningkatkan daya ingat
Menurut sebuah penelitian 2008, tidur siang selama 45 menit mampu meningkatkan daya ingat. Peningkatan ini terjadi dalam fase slow-wave sleep atau tidur gelombang pendek sebagaimana biasa terjadi saat tidur siang. Peningkatan aktivitas otak saat sedang tidur juga diyakini bermanfaat untuk mempelajari bahasa asing. Kata-kata atau istilah baru akan lebih mudah diingat jika sering diperdengarkan saat sedang tidur.

2. Meningkatkan produktivitas
Selain meningkatkan daya ingat, tidur siang juga diyakini dapat meningkatkan produktivitas. Karena tidur siang dapat menjaga otak dari pengolahan informasi yang berlebihan dan membantu mengkonsolidasi informasi baru. Hal ini pada akhirnya akan meningkatkan konsentrasi dan produktifitas di tempat kerja. Bahkan penelitian sebelumnya menemukan tidur siang dapat menurunkan tekanan darah.

3. Menurunkan stres
Cara yang tepat menurunkan stress adalah mengistirahatkan tubuh, salah satunya dengan tidur siang sejenak. Penelitian menunjukkan bahwa hormon stres secara dramatis mengalami penurunan setelah tidur siang,


4. Mengobati insomnia
Penderita insomnia akan sulit menemukan rasa kantuknya ketika waktu tidur, yaitu malam hari. Namun menurut sebuah penelitian tahun 2011 menegaskan tidur siang membuat penderita insomnia jadi lebih bugar karena total waktu istirahatnya jadi lebih panjang.

5. Mencegah penyakit jantung
Tidur siang yang pendek selama 20-40 menit bisa mengurangi risiko penyakit kardiovaskular seperti jantung dan stroke. Kesimpulan ini berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh peneliti Yunani.

Peneliti menemukan bahwa orang yang setidaknya tidur siang 30 menit selama 3 kali dalam seminggu dapat menurunkan risiko penyakit kardiovaskular sebesar 37 persen.



Simak Video "Diklaim Pertama di Dunia, Vaksin Corona Rusia Diragukan Ilmuwan"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)