Rabu, 30 Okt 2019 15:36 WIB

Viral Video Pria Selamatkan Anak Tenggelam dengan Digendong Terbalik

Firdaus Anwar - detikHealth
Anak sempat dibawa lari-lari dengan digendong terbalik. (Foto: Tangkapan layar Twitter)
Jakarta - Di media sosial viral video memperlihatkan seorang pria berusaha menyelamatkan anak tenggelam, hanyut di sungai. Usai diangkat dari air, tampak sang anak tidak bergerak. Tubuhnya lalu digendong dengan cara terbalik, diajak lari-larian, hingga pada akhirnya diresusitasi.

Akun Twitter @ana_khoz pada Senin (28/10/2019) lalu membagikan video tersebut dengan keterangan bahwa gendong terbalik selama 20 menit lalu pompa dada jadi cara untuk menyelamatkan anak tenggelam.

"Orang yg tenggelam di air. Walaupun sudah tidak bergerak & bernafas. JANGAN dianggap sudah meninggal. Coba lakukan seperti dalam. Vidio ini, membawa nya berlari2 dg cara gendong terbalik selama 20 menit lalu pompa dada nya, agar jantung kembali berfungsi," tulis @ana_khoz.


Video sejak pertama kali diunggah sudah ditonton lebih dari 140 ribu kali dan ribuan retweet. Banyak netizen yang mengaku mendapat inspirasi tapi tidak sedikit juga yang mempertanyakannya.

"Apa ga salah di gendong lari2 gitu selama 20 menit? Ga langsung di lakukan CPR aja pas udah di darat? Ini valid ga sih? 5 menit ga kesuplai oksigen aja sel-sel otak udh mati ya mon maap. Mohon pencerahannya," balas akun @tau******irl.

Dikutip dari Pubmed, prosedur yang disarankan saat menangani korban tenggelam adalah dengan melakukan resusitasi. Semakin cepat resusitasi dilakukan maka kemungkinan korban pulih akan lebih baik.

Yayasan Jantung Indonesia (YJI) memberi petunjuk resusitasi jantung paru dilakukan dengan pertama mengecek terlebih dahulu apakah korban masih memberi respon gerak, suara, atau napas. Bila tidak ada respons maka mulai berikan kompresi dada cepat dan kuat. Berikan juga napas bantuan, tengadahkan kepala korban untuk membuka jalan napas.

Dalam kasus anak yang ada di video, di akhir rekaman tampak akhirnya ia memberi respons dengan menangis usai diberi resusitasi.



Simak Video "Keresahan Dokter Perihal Thermo Gun yang Ditembak di Tangan "
[Gambas:Video 20detik]
(fds/up)