Kamis, 31 Okt 2019 06:00 WIB

Tensi Darah Cenderung Naik di Pagi Hari, Ini Alasannya

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Tekanan darah (Foto: iStock) Tekanan darah (Foto: iStock)
Jakarta - Tekanan darah memang akan naik dan turun setiap harinya serta memiliki pola harian. Saat sore, tekanan darah akan memuncak dan kembali menurun di malam harinya.

Namun, tekanan darah yang turun di malam hari perlahan akan merambat naik saat kamu bangun tidur. Para peneliti menemukan bahwa tekanan darah akan naik sebesar 10 mm Hg setiap paginya akan meningkatkan risiko stroke sebesar 25 persen.

Dikutip dari Livestrong, beberapa alasan ini mungkin bisa jadi penyebab naiknya tekanan darahmu saat bangun dari tidur di pagi hari.



1. Merokok dan konsumsi kafein

Sebuah penelitian mengatakan, seseorang yang mengkonsumsi kafein dan merokok setiap harinya, lebih berisiko tinggi mengalami kenaikan tekanan darah di pagi hari. Hal ini akan terjadi dalam jangka waktu 2 jam dari bangun tidur. Kafein tidak hanya ditemukan dalam kopi, tapi juga pada teh, soda, coklat, dan beberapa obat salah satunya obat migrain.

2. Obat-obatan

National Heart Lung and Blood Institute telah mendaftarkan obat-obat yang dapat meningkatkan tekanan darah lebih tinggi, seperti obat flu, pil KB, dan obat asma. Jika obat-obatan tersebut dikonsumsi oleh orang dengan riwayat hipertensi, maka tekanan darahnya akan melonjak lebih tinggi hingga berpotensi terserang stroke.

3. Gaya hidup yang buruk

Orang yang lebih banyak bekerja pada shift malam, terbiasa makan malam, kurang tidur, dan stres berlebih dapat mempengaruhi tekanan darah. Ini akan membuat tekanan darah melonjak naik saat bangun di pagi hari.

4. Olahraga berlebihan

Para atlet ataupun orang biasa yang menjalani olahraga secara berlebih, dapat berisiko mengalami tekanan darah yang tinggi di saat bangun pagi. Penyebab lainnya bisa dari nafsu makan yang menurun dan depresi. Untuk mengatasinya, perbanyak istirahat agar tubuh dapat kembali bekerja dengan normal.



Simak Video "Suka Tidur dengan Bantal Tinggi? Waspada Gejala Penyakit Jantung"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)