Jumat, 01 Nov 2019 09:25 WIB

Menkes Terawan Tegaskan Stunting Jadi Prioritas

Nabila Ulfa Jayanti - detikHealth
Menkes Terawan Agus Putranto (Foto: Rosmha Widiyani/detikHealth) Menkes Terawan Agus Putranto (Foto: Rosmha Widiyani/detikHealth)
Jakarta - Menteri Kesehatan dr Terawan Agus Putranto melepas tenaga kesehatan program Nusantara Sehat Batch XIV dan tim khusus Batch XII - XIII pada Kamis (31/10/2019). Menkes berpesan agar kasus stunting menjadi prioritas utama di daerah.

Angka stunting di Indonesia memang sudah turun menjadi 27,67 persen. Namun, masih ada PR untuk menurunkannya menjadi di bawah ambang batas standar Organisasi Kesehatan Dunia WHO, yakni 20 persen.

"Target presiden, kalau bisa malah 16 persen. Dan itu tugas yang mulia, yang diberikan kepada kita semua untuk membantu mengentaskan masyarakat kita dari ancaman stunting. Saya yakin karena ini program prioritas, maka sukseskan program ini, bersinergi dengan aparat daerah baik PKK, Posyandu," kata Menkes malam hari itu.



Tugas yang diemban oleh tenaga-tenaga kesehatan yang bakal ditempatkan di daerah-daerah pelosok nusantara tersebut memang membawa misi besar. Sebab, mereka akan jadi gerbang utama untuk memberikan pelayanan kesehatan di daerah yang belum mendapat akses kesehatan yang maksimal.

Untuk itu, Menkes berpesan agar mereka menjalaninya dengan ikhlas.

"Saya yakin ini peluang yang luar biasa. Saya harapkan bukan jadi beban, tapi makin menantang. Kami selaku Kemenkes selalu men-support, kalau ada kendala-kendala sampaikan," katanya.



Simak Video "Moms, Kenali Tanda-tanda dan Pencegahan Stunting Pada Anak"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)