Jumat, 01 Nov 2019 17:42 WIB

Cegah Persebaran Penyakit, Warga di Banjarnegara Jemur Kasur Masal

Uje Hartono - detikHealth
Gerakan jemur kasur di Banjarnegara (Foto: Uje Hartono/detikHealth) Gerakan jemur kasur di Banjarnegara (Foto: Uje Hartono/detikHealth)
Banjarnegara - Warga Desa Dawuhan Kecamatan Madukara melakukan gerakan jemur kasur. Langkah ini dilakukan untuk mengantisipasi datangnya penyakit jelang musim hujan.

Sejak pagi, warga Desa Dawuhan ramai-ramai menjemur kasur di depan rumah mereka. Selain menjemur kasur, warga juga melakukan gerakan buka jendela.

Salah satu warga Desa Dawuhan Yuliatun (54) mengatakan, gerakan ini dilakukan semua warga di daerahnya. Gerakan ini dilakukan untuk mengantisipasi penyebaran penyakit.

"Kasur ini biasanya kan lembab, jadi mumpung masih ada panas kemudian dijemur ramai-ramai. Gerakan ini juga dibarengi dengan membuka jendela rumah," kata dia saat ditemui di rumahnya, Jumat (1/11/2019).


Ini dilakukan untuk mencegah persebaran penyakit.Ini dilakukan untuk mencegah persebaran penyakit. Foto: Uje Hartono/detikHealth

Selain menyukseskan program pemerintah, juga lantaran terdapat penyakit gatal-gatal yang diderita salah satu warga di Desa Dawuhan. Sehingga diharapkan dengan gerakan ini mampu menciptakan lingkungan yang sehat.

"Yang menggerakan tadi ada petugas Puskesmas. Selain itu juga untuk mengantisipasi penyakit menular seprti gatal-gatal. Di sini memang ada yang menderita gatal-gatal sudah cukup parah," terangnya.

Warga Desa Dawuhan lainnya Sutinah mengatakan pihaknya tidak hanya menjemur kasur miliknya, namun juga kursi. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya penyakit menular.

"Ini jemur kasur, bantal dan kursi. Karena memang di sini ada yang terkena penyakit gatal. Jadi untuk mengantisipasi agar tidak menular. Apalagi sekarang sudah mulai hujan meski masih sebentar," ujarnya.

Selain kasur, kursi juga dijemur.Selain kasur, kursi juga dijemur. Foto: Uje Hartono/detikHealth




Simak Video "Daging Tak Matang Bisa Bikin Infeksi Cacing Pita Sampai ke Otak"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)