Selasa, 05 Nov 2019 15:21 WIB

Dhuar! Deretan Kasus Septic Tank Meledak Seperti Terjadi di Cakung

Firdaus Anwar - detikHealth
Septic tank yang tak dikelola dengan baik rawan meledak. (Foto ilustrasi: Thinkstock) Septic tank yang tak dikelola dengan baik rawan meledak. (Foto ilustrasi: Thinkstock)
Jakarta - Septic tank pada dasarnya dibuat untuk menampung limbah manusia yang tidak boleh dibuang ke saluran pembuangan umum karena alasan kesehatan dan kebersihan lingkungan. Karena sifatnya tersebut, di dalam septic tank bisa terbentuk gas metana yang bila tak dihadapi dengan baik rawan meledak.

Seperti misalnya yang baru-baru ini dilaporkan terjadi di Cakung, Jakarta Timur. Seorang petugas penyedot WC meninggal dunia pada Senin (4/11) kemarin karena septic tank yang ditanganinya meledak.

Berikut beberapa kasus contoh kecelakaan karena gas septic tank meledak.


1. Bakar koran

Dalam kasus di daerah Cakung yang sudah disebutkan sebelumnya, sang petugas membakar koran untuk meyakinkan pemilik rumah bahwa proses penyedotan WC telah selesai. Koran yang dibakar saat itu padam dan pemilik rumah pun yakin proses telah selesai.

Tidak lama setelah itu, korban mengambil uang dan hendak pamit pulang ke pemilik rumah. Namun tiba-tiba septic tank meledak dan mengeluarkan suara cukup besar.

Akibat kejadian itu, sang petugas terjatuh ke dalam septic tank. Ia dinyatakan meninggal karena luka yang diidapnya.

2. Disambar petir

Unggahan di Facebook oleh pemilik perusahaan ledeng A-1 Affordable Plumbing, Jordan Hagadorn, sempat viral di media sosial. Alasannya karena pria asal Amerika Serikat tersebut mengunggah foto toilet rumah yang hancur karena septic tank meledak tersambar petir.

Jordan menyalahkan letak tutup septic tank yang terlalu dekat dengan permukaan tanah. Nah saat petir menyambar, suhu ekstrem menyulut gas metana hasil penguraian alami kotoran di septic tank.

Beruntung tidak ada korban jiwa dalam kasus ini.

3. Tak ada sirkulasi

Pada tahun 2014 ledakan keras terjadi di Kantor Arsip Kota Probolinggo di Jalan Letjen Sutoyo. Ledakan sempat membuat puluhan pegawai panik dan belarian menyelamatkan diri.

Polisi yang mendengar ledakan keras segera mendatangi lokasi untuk mencari sumber ledakan. Hasilnya ternyata septic tank di belakang kantor meledak diduga karena tekanan akibat masalah tidak ada lubang sirkulasi udara.

4. Hancurkan bangunan

Pada November 2017 septic tank di daerah Ningbo, China, meledak dahsyat hingga menghancurkan bangunan di sekitarnya. Menurut laporan ada dua orang meninggal dunia dan puluhan lainnya luka-luka.

Penyebab mengapa septic tank meledak tidak diketahui secara pasti.

5. Gara-gara petasan

Pada bulan Oktober 2017 septic tank toilet umum di daerah Malad, India, meledak tiba-tiba. Tiga orang dilaporkan luka-luka akibat kejadian itu.

Diketahui saat kejadian ada beberapa anak kecil sedang bermain petasan di dekat septic tank. Diduga petasan tersebut yang jadi pemicu gas di septic tank sehingga akhirnya terjadi ledakan.



Simak Video "Teknik Meditasi Pernapasan Sederhana"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/up)