Selasa, 05 Nov 2019 15:58 WIB

Dokter Indonesia yang Fotonya Diedit Penipu Tak Berniat Proteksi Akun

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Foto dokter yang dicomot untuk scammer. Foto ditampilkan atas izin yang bersangkutan. (Foto: detikHealth) Foto dokter yang dicomot untuk scammer. Foto ditampilkan atas izin yang bersangkutan. (Foto: detikHealth)
Jakarta - Warga Malaysia dihebohkan dengan kemunculan akun bodong yang mengaku sebagai dokter untuk meraup keuntungan pribadi. Tak tanggung-tanggung pelaku mengedit foto dokter dan mengeditnya dengan wajahnya agar terlihat meyakinkan.


Setelah foto-fotonya banyak disalahgunakan oleh orang yang tidak bertanggungjawab, dr Reno Rudiman, spesialis bedah saluran cerna dari RSIA Bunda, Jakarta, tidak berniat untuk memproteksi akun tersebut. Sebab menurutnya lebih banyak manfaat positif yang diterima masyarakat dari postingannya tersebut.

"Sudah menjadi risiko saya, postingan saya sudah terbuka untuk para instagrammer di banyak negara. Alhamdulillah sejauh ini jauh lebih bnyk manfaat positifnya dibanding ekses negatifnya. Sekarang saya punya teman dari seluruh penjuru dunia," katanya kepada detikcom melalui pesan singkat, Selasa (5/11/2019).



Karena keterbukaannya di media sosial, banyak tenaga kesehatan dari negara lain yang merasa terbantu. Ia bahkan tak sungkan berbagi ilmu dan membagikannya kepada rekan lain.

"Misalnya ada yg lulus dokter di Brazil, dengan antusiasnya mengabarkan wisudanya ke saya. Atau ada dokter bedah di India yg menemui kasus sulit, meminta pendapat saya," tambahnya.

Kasus yang sering diposting oleh dr Rudiman adalah kasus bedah yang banyak ditemukan dalam praktek sehari-hari. Misalnya usus buntu, hernia, atau operasi empedu.

"Juga masalah yg skrg sedang menjadi trending adalah masalah pembedahan untuk obesitas (bariatric surgery)," pungkasnya.



Simak Video "Kata Dokter Jiwa soal Ramai 'Keluhan' Pasca Nonton Joker"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)