Selasa, 05 Nov 2019 19:00 WIB

Sering Buang Air Kecil di Malam Hari? Waspadai Gejala Diabetes

Michelle Natasya - detikHealth
Sering buang air kecil saat malam hari termasuk tanda-tanda diabetes melitus. Foto: istock Sering buang air kecil saat malam hari termasuk tanda-tanda diabetes melitus. Foto: istock
Jakarta - Banyak orang seringkali tidak menyadari bahwa dirinya mengidap penyakit diabetes melitus. Diabetes adalah penyakit kronis serius yang ditandai dengan kadar gula darah tinggi atau di atas normal.

Terkait hal ini, dr Dwi Oktavia Handayani, M.Epid, Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P), Dinas Kesehatan DKI Jakarta, mengingatkan masyarakat untuk memperhatikan tanda-tanda awal klasik diabetes melitus.

"Tanda awal itu biasa laper terus padahal udah makan banyak, haus terus, dan buang air kecil terus saat malam hari," ucapnya saat ditemui detikcom, Selasa (5/11/2019).



"Biasanya tengah malam sampai harus bolak-balik buang air kecil. Kalau siang kan kita kurang perhatikan sedangkan saat malam kan aktivitas cuma tidur, nah ini bisa lebih perhatikan," tambahnya.

Selain itu, tanda lain bisa juga dilihat dari perubahan berat badan secara drastis. Dokter Dwi berpesan, jika menemukan tanda-tanda awal tersebut baiknya segera periksakan ke dokter.

Umumnya penyakit diabetes dipicu oleh pola hidup tidak sehat. Seperti jarang olahraga, kurang gerak, serta konsumsi gula dan lemak berlebih.



Simak Video "Menu Diet ala Korea Ini Bisa Cegah Diabetes Loh!"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)