Rabu, 06 Nov 2019 07:35 WIB

Hipertensi Meningkat di DKI, Didominasi Usia Produktif

Nurul Khotimah - detikHealth
Ilustrasi hipertensi. Foto: iStock Ilustrasi hipertensi. Foto: iStock
Jakarta - Belakangan ini banyak masyarakat yang terserang penyakit tidak menular (PTM), seperti diabetes melitus, kolesterol, hipertensi dan lainnya. Beberapa di antaranya dialami oleh masyarakat usia produktif.

Berdasarkan data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) tahun 2018 di DKI Jakarta, 34 persen penduduknya rentan risiko hipertensi. Baik hipertensi ringan, berat bahkan kronis. Jika dahulu lebih banyak dialami usia lanjut, saat ini sebagian besar di antaranya adalah usia produktif.


Kepala Bidang Pencegahan & Pengendalian Penyakit, Dinas Kesehatan DKI Jakarta, dr Dwi Oktavia Handayani, M.Epid, menjelaskan dari 10 juta penduduk Jakarta maka sekitar 3,4 juta penduduknya berisiko mengalami hipertensi.

Angka ini termasuk besar dibanding tahun sebelumnya dan menjadi beban bagi kesehatan masyarakat. Untuk itu pencegahan dan penanganan dini PTN harus terus dilakukan sebelum menuju pada komplikasi yang serius.

"Jadi memang angkanya cukup besar dan menjadi beban kesehatan di masyarakat. Kalau ditemukan dari awal ya bisa dicegah dan jangan sampai sudah terjadi komplikasi baru ketahuan," pungkasnya, Selasa (5/11/19).






Simak Video "Menu Diet ala Korea Ini Bisa Cegah Diabetes Loh!"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)