Kamis, 07 Nov 2019 05:15 WIB

Viral Usus Bengkak Penuh Gas, Gara-gara Susah Kentut?

Michelle Natasya - detikHealth
Susah kentut ternyata berbahaya (Foto: Thinkstock) Susah kentut ternyata berbahaya (Foto: Thinkstock)
Topik Hangat Derita Susah Kentut
Jakarta - Viral gambar sebuah usus yang tampak besar dan bengkak akibat penuh dengan gas. Gambar tersebut diposting oleh dr Gia Pratama di akun Twitternya.

"Ini adalah Usus besar yang penuh dengan gas, karena terpuntir di segmen descenden, dalam sebuah kondisi yang disebut Volvulus. Ga usah menunggu kaya, bisa kentut lega setiap hari tanpa hambatan sudah merupakan kenikmatan yang pantas kita syukuri," tulis dokter Gia pada akun Twitternya, Selasa (5/11/2019).

Banyak orang yang suka menahan kentut karena malu atau merasa tidak sopan. Lalu, apakah menahan kentut bisa menyebabkan kondisi usus tampak seperti pada postingan tersebut?





dr Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, ahli pencernaan sekaligus guru besar Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI), membenarkan bahwa kebiasaan menahan kentut punya risiko. Usus membesar seperti gambar yang ditampilkan memang disebabkan oleh penumpukan gas.

Namun ia menekankan bahwa kondisi volvuluslah yang menyebabkan susah buang angin alias kentut sehingga usus terlihat seperti pada gambar. Bukan menahan kentut lalu memunculkan kondisi volvulus.

"Jadi sebenarnya pesannya adalah kalau mau kentut ya silahkan kentut. Nah, tapi kalau tidak bisa kentut ya ini yang harus diperiksakan kenapa gak bisa kentut. Bisa jadi ada sumbatan karena volvulus atau ada pelengketan," pungkasnya.



Simak Video "Viral! ODGJ Bantu Buka Jalan Ambulans di Bandung"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)
Topik Hangat Derita Susah Kentut