Kamis, 07 Nov 2019 15:34 WIB

Udara DKI Terburuk ke-2 di Dunia, Ini 5 Cara Alami untuk Bersihkan Paru-paru

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Kualitas udara di Jakarta hari ini terburuk kedua setelah India (Foto: Rifkianto Nugroho)

3. Minum teh hijau

Teh hijau memiliki banyak manfaat kesehatan, terutama untuk membersihkan paru-paru. Teh ini mengandung antioksidan yang dapat mengurangi peradangan di paru-paru. Senyawa lain yang ada di dalam minuman ini bahkan dapat melindungi jaringan halus pada paru-paru dari efek bahaya asap yang terhirup.

Berdasarkan penelitian, lebih dari 1000 orang dewasa di Korea Selatan setidaknya minum 2 cangkir setiap harinya. Ini dilakukan agar mendapat hasil yang maksimal.

4. Konsumsi makanan anti-inflamasi

Beberapa makanan yang mengandung anti-inflamasi dapat membersihkan saluran udara dalam tubuh dan membantu pernapasan. Jika mungkin, tambahkan kunyit, ceri, sayuran, zaitun, dan kacang-kacangan untuk membersihkan paru-paru.

5. Konsumsi madu

Madu mengandung antioksidan, antimikroba, dan anti-inflamasi yang membantu membersihkan sumbatan di paru-paru. Pemanis alami ini sudah sejak dulu dapat menenangkan iritasi paru-paru.

Madu juga dapat mengobati berbagai kondisi pernapasan, seperti asma, TBC, dan infeksi tenggorokan. Cukup konsumsi sesendok madu murni setiap harinya.

Halaman
1 2 Tampilkan Semua


Simak Video "Bahayanya Polutan PM2,5 Bagi Kesehatan Tubuh"
[Gambas:Video 20detik]

(up/up)