Kamis, 07 Nov 2019 15:34 WIB

Udara DKI Terburuk ke-2 di Dunia, Ini 5 Cara Alami untuk Bersihkan Paru-paru

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Kualitas udara di Jakarta hari ini terburuk kedua setelah India (Foto: Rifkianto Nugroho) Kualitas udara di Jakarta hari ini terburuk kedua setelah India (Foto: Rifkianto Nugroho)
Jakarta - Kualitas udara hari ini, Kamis (7/11) menempatkan Jakarta sebagai kota dengan udara terburuk kedua di dunia, setelah Delhi, India. Polusi, pembangunan, dan asap kendaraan yang kembali mengepung Ibu Kota masih menjadi penyebabnya.

Kualitas udara ini diukur dengan AQI atau indeks tingkat keparahan kualitas udara di suatu daerah. AQI ini dihitung berdasarkan enam jenis polutan utama, yaitu PM 2,5, PM 10, karbon monoksida, asam belerang, nitrogen dioksida, dan ozon permukaan tanah.

Polusi dalam bentuk kabut atau asap tebal dapat memberikan berbagai macam gangguan kesehatan, misalnya iritasi mata, sakit tenggorokan, dan tersedak. Tapi, yang paling berbahaya, yakni efeknya bagi paru-paru yang sama dengan merokok. Untuk membersihkannya, 5 cara alami versi Times of India ini bisa kamu coba terapkan di rumah.



1. Terapi uap

Terapi ini jadi salah satu cara yang terbaik untuk membersihkan paru-paru. Menghirup uap air dapat membuka saluran udara dan membantu paru-paru untuk mengeringkan lendir.

Melakukan terapi uap seperti ini setiap hari sangat baik untuk membersihkan saluran udara dan membantu kamu untuk bernapas lebih mudah dalam waktu yang singkat.

2. Coba kontrol batuk kamu

Batuk kering sering terjadi selama kondisi lingkungan memburuk. Dengan batuk, tubuh dapat mengeluarkan debu dan lendir yang terperangkap di dalamnya. Cobalah untuk berlatih mengatur batuk kamu.
Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Waspada! Polusi Udara Juga Bisa Terjadi di Dalam Ruangan"
[Gambas:Video 20detik]