Jumat, 08 Nov 2019 07:00 WIB

Karya Anak Bangsa! Sol Sepatu Ini Punya Sensor Jarak untuk Tunanetra

Widiya Wiyanti - detikHealth
Kreasi anak muda Indonesia untuk tunanetra (Foto: Widiya Wiyanti/detikHealth) Kreasi anak muda Indonesia untuk tunanetra (Foto: Widiya Wiyanti/detikHealth)
Jakarta - Satu lagi karya anak bangsa, inovasi yang dikembangkan oleh mahasiswa Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Surabaya, yaitu sol sepatu khusus dan alat sensor jarak untuk tunanetra. Kedua alat ini dikembangkan dengan tujuan untuk mempermudah tunanetra berjalan di jalanan umum tanpa menggunakan tongkat.

Adalah Gian Mudya Tama mahasiswa jurusan elektro medis semester 5 dan Dimas Sugma Herdinanta mahasiswa jurusan elektro medis semester 7 yang mengembangkan kedua alat tersebut. Mereka mengatakan bahwa sol sepatu khusus dirancang dengan menggunakan sensor warna untuk memudahkan tunanetra berjalan di trotoar yang biasanya diberikan guiding block warna kuning.

"Kalau ini buat tambahan sepatu, jadi kan kalau di trotoar buat bantu tunanetra itu guiding block ada tinggi rendahnya beda. Kenapa kok harus ada tinggi rendahnya? Itu kan nyusahin juga buat tunanetra, makanya kita buat pake sensor warna saja," ungkap Gian kepada detikcom saat ditemui di kawasan BSD, Tangerang Selatan, Kamis (7/11/2019).



Sensor bisa mengenali jarak.Sensor bisa mengenali jarak. Foto: Widiya Wiyanti/detikHealth


Sementara alat sensor jarak yang dikembangkan kedua mahasiswa ini sebagai pengganti tongkat untuk tunanetra. Perbedaannya, alat ini tidak berbentuk panjang namun sesuai dengan genggaman tangan.

Sensor jarak yang ada pada alat tersebut terdapat di dua bagian, yaitu di bawah dan di depan. Alat tersebut akan bergetar jika dekat dengan penghalang di depan maupun jalanan yang tidak rata di bawahnya.

"Ini pakai sensor jarak, jadi ada jarak di depan atau bawah dia akan getar. Bawah ini buat panduan rata atau nggak jalan, depan ini buat kalau ada halangan, depan 2 meter bawah 1 meter," jelas Gian.

Inovasi ini masih dalam bentuk prototype dan akan terus dikembangkan untuk dilakukan uji coba. Kedua alat ini sudah dilombakan pada Pekan Elektromedik Nasional (PENA) pada tahun ini.

Bagian sepatu yang dilengkapi sensor.Bagian sepatu yang dilengkapi sensor. Foto: Widiya Wiyanti/detikHealth




Simak Video "Cara Jaga Kesehatan Mata saat Gunakan Gadget"
[Gambas:Video 20detik]
(wdw/up)