Sabtu, 09 Nov 2019 09:00 WIB

Memperingati Maulid Nabi SAW, Ini Tips Hidup Sehat Rasulullah yang Patut Dicontoh

Nurul Khotimah - detikHealth
Menerapkan pola hidup sehat dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW. (Foto: Infografis: Mindra Purnomo/detikcom) Menerapkan pola hidup sehat dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW. (Foto: Infografis: Mindra Purnomo/detikcom)
Jakarta - Menerapkan pola hidup sehat tentu harus selalu dilakukan, seperti halnya yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW. Menjaga kesehatan termasuk sunah Nabi yang patut diteladani umat muslim.

Kehidupan Rasullah yang dinamis meski banyak sekali aktifitas bukan berarti tidak menjalankan pola hidup sehat. Mengikuti anjuran Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wa sallam tidak hanya meyehatkan tubuh kita tetapi juga sebagai salah satu ladang ibadah untuk kita.

Tidak berhenti sampai disitu, tips sehat ala Nabi Muhammad juga terbilang mudah, murah dan sederhana yang sesuai dengan kepribadian Beliau. Memperingati Maulid Nabi Muhammad, berikut tips sehat bugar Rasulllah yang patut dicontoh dikutip dari berbagai sumber:


1. Bangun pagi

Bangun di pagi hari merupakan salah satu cara memulai hidup sehat. Bangun pagi sebaiknya dilakukan sebelum matahari terbit yaitu sekitar pukul 05.00. Udara pagi yang masih segar mampu meningkatkan semangat memulai hari.

Selain itu, bangun pagi juga mampu melancarkan peredaran darah, memaksimalkan fungsi otak, meningkatkan daya ingat, serta menjaga kesehaatan jantung dan paru-paru.

2. Makan sebelum lapar dan berhenti sebelum kenyang

Prinsip makan sebelum lapar menghindarkan kita dari penyakit lambung dan berhenti sebelum kenyang agar kita tidak makan berlebihan. Makanan sebaiknya hanya mengisi 1/3 perut, sementara sisanya diisi dengan cairan dan udara.

3. Olahraga dan tidur yang cukup

Olahraga adalah salah satu cara untuk menjaga keseimbangan tubuh kita. Dengan rajin berolahraga tubuh dapat meningkatkan stamina dan daya imun. Olahraga yang dicontohkan nabi adalah berkuda, berenang, dan panahan.

Selain itu, tidur yang cukup juga perlu dilakukan untuk menjaga kondisi tubuh agar tetap fit. Aktifitas tidur yang cukup membantu menjaga produktivitas, mencegah obesitas, diabetes, dan gangguan jantung.

4. Berpuasa

Menurut dunia kedokteran modern puasa selama beberapa hari dalam seminggu terbukti baik untuk kesehatan. Puasa membantu menurunkan berat badan, meningkatkan kepekaan insulin, dan mempercepat metabolisme. Pola makan saat puasa mampu mengendalikan rasa lapar, meningkatkan fungsi otak, dan memaksimalkan kerja dan daya tahan tubuh.

5. Menyikat gigi

Bersiwak atau menyikat gigi penting dilakukan untuk menjaga kebersihan gigi dan rongga mulut. Dengan rajin menyikat gigi membuat nafas lebih segar sehingga meningkatkan rasa percaya diri.

Penelitian membuktikan, kebersihan gigi berkaitan dengan fungsi organ tubuh. Survei kesehatan Skotlandia membuktikan, buruknya kesehatan gigi meningkatkan risiko terkena gangguan jantung hingga 70 persen.

6. Menahan emosi

Beberapa penelitian mengatakan, kondisi pikiran yang tenang tanpa tekanan memungkinkan seseorang lebih mudah menerima sesuatu dengan baik. Rasa marah, depresi, emoi justru berisiko menurunkan kesehatan mental bagi tubuh.

Selain itu, marah juga dapat meningkatkan risiko stroke, gangguan jantung, serta melemahkan daya tahan tubuh. Oleh karenanya menahan amarah bisa dilakukan untuk mejaga kesehatan mental.



Simak Video "Lelah Dengan Tekanan Sosial? Jangan Malu Curhat ke Psikolog"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/kna)