Minggu, 10 Nov 2019 11:27 WIB

Menkes Terawan Ditarget Turunkan Angka Stunting Kurang Dari 14 Persen

Michelle Natasya - detikHealth
Menkes Terawan Agus Putranto. Foto: Lamhot Aritonang Menkes Terawan Agus Putranto. Foto: Lamhot Aritonang
Jakarta - Masalah stunting memang menjadi salah satu prioritas Menteri Kesehatan Terawan. Menurutnya bidang kesehatan di Indonesia masih banyak tantangan terutama dalam mengurangi angka stunting.

Angka stunting di Indonesia memang sudah turun menjadi 27,67 persen. Namun, Menkes Terawan mengaku ada pesan khusus dari Presiden Jokowi untuk mengurangi angka stunting serendah-rendahnya.

"Pesan khusus presiden itu menurunkan angka stunting kalau bisa bahkan di bawah 14 persen," ucapnya saat menghadiri rangkaian kegiatan Hari Kesehatan Nasional ke-55 di ICE BSD Serpong, Tangerang, Sabtu (9/11/2019).


Kasus stunting ditargetkan dapat turun dalam 3 tahun mendatang. Menurut Terawan, hal ini diperlukan agar anak bangsa dapat tumbuh menjadi generasi yang premium.

Sebelumnya disampaikan bahwa terdapat 2 program pemerintah dalam upaya menurunkan stunting, sebagai berikut :

1. Program pertama adalah pengadaan software yang berisi program penurunan stunting. Pembuatan software yang digawangi Direktorat Kesehatan Masyarakat tentunya dilakukan sesuai anggaran pemerintah.

2. Program kedua adalah melibatkan puskesmas, yang fungsinya kembali menjadi preventif dan promotif bukan kuratif. Puskesmas berperan mencegah stunting yang nantinya menjadi bahan penilaian akreditasi puskesmas. Layanan kesehatan tersebut dikatakan terakreditasi jika mampu mencegah stunting.



Simak Video "Moms, Kenali Tanda-tanda dan Pencegahan Stunting Pada Anak"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)