Minggu, 10 Nov 2019 14:34 WIB

Bocah 4 Tahun Meninggal Akibat Menunggu Dokter Selama 5 Jam

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Ilustrasi anak meninggal. Foto: iStock Ilustrasi anak meninggal. Foto: iStock
Jakarta - Sedih, seorang balita berusia 4 tahun meninggal karena dehidrasi saat menunggu dokter selama lima jam. Balita bernama Leylan Forte asal Skotlandia ini mengidap cerebral palsy dan diduga alami autisme, gangguan makan, dan tak mampu berkomunikasi.

Pada April 2015, Leylan jatuh sakit parah dan kedua orang tuanya mengontak nomor bantuan berkali-kali. Namun mereka dikabari tidak ada dokter yang bisa ke sana. Sayang sekali, Leylan meninggal dunia di ambulans yang mengantarnya ke rumah sakit setelah lima jam menanti.

Penyebab kematian pastinya adalah dehidrasi, gastroenteritis dan norovirus. Menurut sang ibu, Leanne Smith, dengan saran yang baik (nomor bantuan) mungkin Leylan masih bisa hidup.



"Kasusnya sedang diusut dengan dugaan penerima telepon bukanlah orang yang tidak menguasai dampak apa yang bisa terjadi apabila ada keterlambatan," tulis situs Fox News.

Norovirus merupakan salah satu virus penyakit perut dan mudah muncul saat musim dingin. Gejalanya terlihat mendadak sakit, muntah, diare encer, perut sakit, demam, kepala pusing, dan juga sakit di bagian tangan dan kaki.

Kecelakaan fatal ini menimbulkan kekhawatiran publik soal kematiannya. Tahun lalu, orang tua Leylan berusaha untuk menuntut perusahaan nomor bantuan NHS 24 atas kematiannya, karena telah memberikan saran yang salah.



Simak Video "Idap Cerebral Palsy, Pria Ini Tulis Buku dengan Jempol Kaki"
[Gambas:Video 20detik]
(frp/wdw)