Minggu, 10 Nov 2019 17:16 WIB

Bukan Cuma Rendah Gula, Ini Pilihan Makanan Supaya Tidak Diabetes

Rosmha Widiyani - detikHealth
Ilustrasi diabates. Foto: shutterstock Ilustrasi diabates. Foto: shutterstock
Jakarta - Memilih asupan rendah gula ternyata tak cukup untuk mencegah diabetes. Makanan dan minuman yang dikonsumsi sebaiknya juga rendah lemak.

"Lemak adalah sumber kalori. Kalau berlebihan, lemak yang disimpan dalam tubuh akan bikin gemuk. Orang gemuk dekat dengan penyakit, salah satunya diabetes. Karena itu, konsumsi lemak harus dibatasi bukan tidak boleh. Pilih makanan yang rendah lemak selain rendah gula," kata Guru Besar Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) Prof Dr dr Imam Subekti, SpPD-KEMD, FINASIM, pada detikcom.



Makanan rendah lemak yang dipilih, tentunya harus tetap mencukupi kebutuhan tubuh tiap hari. Terkait hal ini, dr Imam mengingatkan porsi makan sehat untuk mencegah dan melawan diabetes.

Porsi makanan tersebut terdiri atas lemak 30 persen, karbohidrat 50-60 persen, dan protein 15-20 persen dari total kebutuhan kalori per hari. Porsi berlaku untuk makronutrien bukan mikronutrien, yang terdiri atas berbagai macam mineral.

"Selain rendah gula dan lemak, pastikan juga tidak mengandung banyak garam. Pengaturan ini sebetulnya tidak sulit, karena sudah ada dalam porsi makan kita tiap hari. Misal cukup konsumsi seiris daging bukan potongan besar, untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian," kata dr Imam.



Simak Video "Menu Diet ala Korea Ini Bisa Cegah Diabetes Loh!"
[Gambas:Video 20detik]
(wdw/wdw)