Senin, 11 Nov 2019 13:26 WIB

Foto Mengerikan Mulut dengan 232 Gigi karena Kondisi Langka, Asli atau Hoax?

Firdaus Anwar - detikHealth
Apakah gambar ini benar menunjukkan mulut dengan kondisi hyperdontia? (Foto: Tangkapan layar viral) Apakah gambar ini benar menunjukkan mulut dengan kondisi hyperdontia? (Foto: Tangkapan layar viral)
Jakarta - Di media sosial beredar foto yang menunjukkan mulut tampak penuh dengan gigi, disebut karena kondisi langka hyperdontia. Dijelaskan bahwa foto tersebut milik seorang pasien di India yang di dalam mulutnya terdapat 232 gigi.

"HYPERDONTIA Berlebihan gigi dalam mulut... 232 batang gigi dalam satu mulut. Gigi telah dikeluarkan oleh dokter gigi di India," tulis salah satu pengguna Facebook yang membagikan gambar.

Kenyataannya benar ada kondisi medis bernama hyperdontia. Dikutip dari PubMed, hyperdontia ini terjadi ketika di mulut tumbuh struktur mirip seperti gigi di luar dari 20 gigi susu dan 32 gigi permanen yang biasanya ada.


Namun demikian penelusuran detikcom tidak menemukan foto digunakan dalam berbagai kasus hyperdontia yang dilaporkan. Pada tahun 2014 lalu memang pernah ada satu pasien remaja bernama Ashik Gavai di India dioperasi karena terdapat 232 struktur mirip gigi di mulutnya. Tapi gigi-gigi tersebut tumbuh di dalam gusi, tidak menyembul keluar.

Ashiv bersama para dokter yang menangani operasinya tahun 2014 lalu.Ashiv bersama para dokter yang menangani operasinya tahun 2014 lalu. (Foto: BBC)


"Dalam kasus Ashik, tumor ini tumbuh di dalam rahang bawah dan seperti ratusan gigi," kata dr Sunanda Dhiware yang menangani kasus seperti dikutip dari BBC.

Penelurusan lainnya oleh halaman pencari fakta Snopes menemukan gambar hyperdontia yang ramai dibagikan media sosial memiliki tanda sudah diedit secara digital. Ada beberapa gigi yang tampak diduplikasi sehingga seolah-olah mulut tampak penuh oleh gigi.

Selain itu Snopes juga menemukan bahwa gambar hyperdontia yang viral sudah mulai muncul sejak tahun 2010 di situs cerita fiksi.



Simak Video "Kata Dokter Soal Pria Sulit Lakukan 'Chair Challenge' yang Viral"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/up)