Senin, 11 Nov 2019 16:20 WIB

Bukan Hoax, Deretan Orang Ini Memang Punya Gigi Ekstra di Mulutnya

Firdaus Anwar - detikHealth
Gigi ekstra bisa tumbuh di bagian bawah atau atas rongga mulut. (Foto ilustrasi: Thinkstock) Gigi ekstra bisa tumbuh di bagian bawah atau atas rongga mulut. (Foto ilustrasi: Thinkstock)
Jakarta - Di media sosial beredar foto mulut tampak penuh dengan gigi disebut datang dari seorang pasien di India yang memiliki 232 gigi. "HYPERDONTIA Berlebihan gigi dalam mulut... 232 batang gigi dalam satu mulut. Gigi telah dikeluarkan oleh dokter gigi di India," tulis salah satu pengguna Facebook yang membagikan foto.

Halaman pencari fakta Snopes menyebut foto tersebut palsu alias hoax. Ada tanda foto sudah diedit secara digital, beberapa gigi diduplikasi sehingga seolah-olah mulut penuh dengan gigi.

Terkait hal tersebut meski gambar yang viral palsu nyatanya kondisi hyperdontia memang benar ada. Dikutip dari PubMed, hyperdontia ini terjadi ketika di mulut tumbuh struktur mirip seperti gigi di luar dari 20 gigi susu dan 32 gigi permanen yang normal.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut beberapa contoh kasusnya.



1. Ashik Gavai

Salah satu contoh yang berkaitan dengan gambar viral adalah kasus seorang pasien remaja bernama Ashik Gavai di India pada tahun 2014 lalu. Dirinya disebut memiliki tumor dalam gusi yang tumbuh menjadi struktur seperti gigi hingga harus dioperasi karena membuat pipinya bengkak.

Dokter menyebut menemukan sekitar 232 struktur mirip gigi yang tumbuh di dalam gusi, tidak menyembul keluar.

"Dalam kasus Ashik, tumor ini tumbuh di dalam rahang bawah dan seperti ratusan gigi," kata dr Sunanda Dhiware yang menangani kasus seperti dikutip dari BBC.


2. Vijay Kumar

Pada tahun 2015 Guinness World Record merilis pemilik rekor baru, salah satunya pria bernama Vijay Kumar sebagai pemilik gigi terbanyak di dunia. Orang normalnya hanya memiliki 32 gigi permanen, namun Vijay disebut punya 37 buah gigi.

Vijay sendiri baru mengetahui dirinya berbeda saat masih berusia remaja. Menurutnya, bekas gigitannya terlihat tidak sama dengan yang dimiliki teman-temannya. Untungnya Vijay tidak pernah mengalami kendala berarti meski mempunyai jumlah gigi lebih.

3. Pasien mimisan

Dalam laporan di Journal of Case Reports tahun 2014 lalu ada seorang pasien pria di Dhahran yang mengalami masalah mimisan unik. Pemuda yang tak disebutkan namanya tersebut mengaku mengalami mimisan setidaknya selama satu bulan dalam kurun waktu tiga tahun tanpa sebab jelas.

Setelah diperiksa ternyata ada gigi ekstra sepanjang 1 cm yang tumbuh di rongga hidungnya. Sang pemuda akhirnya menjalani operasi untuk mengangkat gigi di dalam hidung dan setelahnya tidak lagi mengalami mimisan.

"Gigi ekstra yang tumbuh memang bisa terjadi, tapi sangat jarang jika tumbuh di hidung. Saya belum pernah melihat kasus seperti ini sebelumnya," komentar dr Joihn Hellstein, dokter gigi di University of Lowa.


4. Hidung mampet

Hampir sama seperti kasus sebelumnya, kali ini terjadi pada pria berusia 59 tahun di Denmark. Laporan dalam jurnal BMJ Case Reports menyebut sudah dua tahun sang pria mengalami hidung mampet dan tidak bisa mencium bau-bauan.

Di departemen telinga, hidung, dan tenggorokan (THT) Aarhus University Hospital dokter menemukan penyebab keluhan sang pria ternyata bukan karena infeksi virus atau bakteri. CT scan menunjukkan ada massa padat terbungkus lendir di rongga hidung.

Saat operasi pengangkatan baru terungkap kalau apa yang menyumbat di hidung sang pria adalah gigi.

Tidak diketahui pasti mengapa kadang gigi bisa tumbuh ke atas dalam rongga mulut hingga menembus hidung. Namun demikian dokter menyebut kadang masalah infeksi, luka trauma, atau masalah perkembangan janin seperti bibir sumbing dapat jadi faktor pemicu.

"Tapi pada kasus ini kami tidak menemukan penjelasan yang jelas," tulis para dokter seperti dikutip dari Live Science pada Februari 2019 lalu.

5. Ravindranath

Bocah 7 tahun bernama Ravindranath dari India punya kondisi medis tak biasa. Di dalam mulutnya terdapat ratusan gigi yang membuat pipinya tampak bengkak. Menurut sang ayah bengkak pada rahang kanan Ravindranath sebetulnya telah terjadi sejak usianya tiga tahun.

Ravindranath baru mendapat penanganan medis di Saveetha Dental College and Hospital pertengahan tahun 2019. Dokter yang melakukan pemeriksaan menemukan ada sekitar 526 gigi mini berukuran 0,1-15 milimeter lengkap dengan mahkota, akar, dan lapisan pelindung seperti gigi normal lainnya.

Operasi dilaporkan berjalan lancar dan kondisi Ravindranath dikabarkan membaik dengan 21 gigi normal di mulut.



Simak Video "Ini Dia Rapor Merah Kesehatan Gigi dan Mulut Anak Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/up)