Selasa, 12 Nov 2019 05:00 WIB

5 Manfaat Sehat di Balik Pelukan Jokowi dan Surya Paloh

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Jokowi dan Surya Paloh (detikcom) Jokowi dan Surya Paloh (detikcom)
Jakarta - Pelukan hangat antara Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh jadi salah satu momen paling diperbincangkan dalam HUT Partai NasDem ke-8. Terlepas dari drama politik yang menyertainya, pelukan punya manfaat sehat yang penting untuk dicatat.

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, menyinggung hal itu di salah satu unggahannya di Instagram. Unggahan tentang momen pelukan Jokowi-Paloh dan potongan sebuah artikel kesehatan itu disertai dengan sebuah penegasan.

"Berpelukan itu baik. Berpelukan itu meredakan nyeri otot, menurunkan rasa stres, meningkatkan empati, meredakan peradangan, meningkatkan konektivitas," tulis Ridwan Kamil.

Dikutip dari Healthline, berikut 5 manfaat sehat berpelukan seperti disinggung oleh Ridwan Kamil.



1. Meredakan stres dan kegelisahan
Kontak fisik yang terjadi saat berpelukan memicu pelepasan oksitosin, hormon 'senang' yang menangkal stres dan emosi negatif. Dikenal juga sebagai hormon cinta karena bisa meningkatkan social bonding di antara pihak-pihak yang berpelukan.

2. Menurunkan tekanan darah
Punya masalah hipertensi? Berpelukan mungkin bisa memperbaiki tekanan darah. Sebuah penelitian pada 59 perempuan pramenopause di jurnal Biological Psychology mengungkap bahwa sering berpelukan berhubungan dengan tekanan darah yang lebih rendah, yang menandakan kondisi kesehatan yang lebih baik.

3. Meredakan infeksi
Sebuah penelitian di Carnegie Mellon University menyebut pelukan bisa mengurangi risiko jatuh sakit akibat paparan kuman. Dalam ekspreimen tersebut, sejumlah partisipan mendapat paparan virus. Partisipan yang mendapat support dari lingkungan dan sering dipeluk mengalami gejala penyakit yang cenderung lebih ringan.

4. Mengobati nyeri
Penelitian pada pengidap fibromyalgia menunjukkan bahwa kontak permukaan kulit bisa meningkatkan kualitas hidup dengan menurunkan sensitivitas terhadap nyeri. Pelukan adalah salah satu bentuk kontak fisik yang bisa dilakukan.

5. Lebih bahagia
Terkait pelepasan hormon oksitosin, salah satu efek yang bisa dirasakan adalah lebih bahagia. Efek ini, menurut penelitian, paling dirasakan oleh perempuan dan teramati juga ketika seorang ibu sering memeluk anaknya.



Simak Video "Kata Jokowi soal Posisi Duduknya yang Viral"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)