Selasa, 12 Nov 2019 05:26 WIB

Tidak Cuma Gendut, Orang Kurus Juga Bisa Kena Diabetes

Rosmha Widiyani - detikHealth
Kata siapa kurus tak mungkin kena diabetes? (Foto: iStock) Kata siapa kurus tak mungkin kena diabetes? (Foto: iStock)
Jakarta - Diabetes identik dengan penerapan pola hidup yang buruk hingga terkena obesitas. Namun ternyata, diabetes tak hanya terjadi pada orang yang kelebihan berat badan.

Menurut dokter ahli endokrinologi dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia-Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (FKUI-RSCM) dr Dante Saksono, SpPD-KEMD, PhD, diabetes bisa terjadi pada orang yang bertubuh kurus. Ada dua kondisi yang biasanya terjadi pada orang kurus, hingga akhirnya terkena diabetes.

"Pada orang kurus yang mengalami diabetes, mungkin dia punya riwayat keluarga atau faktor genetik. Selain itu, dia mungkin awalnya gendut tapi berat badan turun drastis karena diabetes. Kelihatannya memang kurus tapi gula darahnya tinggi," kata dr Dante pada detikcom beberapa waktu lalu.



Penyakit diabetes sebetulnya bisa dicegah atau ditangani secepatnya, sehingga tidak terjadi komplikasi. Upaya tersebut dilakukan dengan penerapan pola hidup sehat meliputi rajin makan sayur dan buah, tidak merokok, dan olahraga.

Upaya lain adalah melakukan cek kadar gula darah teratur. Bagi yang tidak punya faktor risiko, pengecekan dilakukan satu kali dalam setahun. Sementara bagi yang berisiko sebaiknya dilakukan satu kali dalam enam bulan. Pengecekan memungkinkan upaya pencegahan dan deteksi secepatnya.



Simak Video "Tahu Nggak Sih, Makna Diet Sesungguhnya Apa?"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)