Selasa, 12 Nov 2019 10:35 WIB

Sejarah Hari Kesehatan Nasional yang Diperingati Setiap 12 November

Abdul Jalil - detikHealth
Sejarah Hari Kesehatan Nasional yang Diperingati Setiap 12 November/Foto: iStock Sejarah Hari Kesehatan Nasional yang Diperingati Setiap 12 November/Foto: iStock
Jakarta - Hari kesehatan nasional (HKN) diperingati setiap tanggal 12 November. Hari itu merupakan momentum bangsa Indonesia untuk menyadari akan pentingnya pembangunan kesehatan.

Direktorat Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat Kemenkes RI, pada tanggal 16 Oktober 2019 melalui situs resmi, telah merilis Juknis peringatan HKN ke-55 tahun 2019, sebagai pedoman resmi. Meliputi logo, tema, tujuan, dan rangkaian kegiatan Hari Kesehatan Nasional ke-55.

Dikutip dari kemenkes.go.id inilah sejarah hari kesehatan nasional, tema, dan rangkaian kegiatan HKN ke-55 tahun 2019.



1. Latar Belakang Peringatan Hari Kesehatan Nasional

Sejarah itu terjadi pada era Presiden Soekarno, sekitar tahun 1950-an. Di mana terjadi wabah penyakit malaria yang paling banyak diderita oleh rakyat Indonesia dan ratusan ribu korban jiwa akibat terjangkit malaria.

Oleh sebab itu, pemerintah melakukan upaya pembasmian malaria di seluruh Tanah Air. Dengan membentuk Dinas Pembasmian Malaria pada tahun 1959. Kemudian pada bulan Januari 1963, namanya berubah menjadi Komando Operasi Pemberantasan Malaria (KOPEM). Pemerintah RI bekerja sama dengan WHO, dan USAID, merencanakan bahwa pada tahun 1970 malaria akan hilang dari bumi Indonesia.

Pembasmian malaria itu menggunakan insektisida Dichloro Diphenyl Trichloroethane (DDT) yang disemprotkan secara massal ke rumah-rumah warga di seluruh Jawa, Bali, dan Lampung. Presiden Soekarno melakukan penyemprotan secara simbolis pada tanggal 12 November 1959 di Desa Kalasan, Yogyakarta. Selanjutnya, kegiatan penyemprotan DDT juga dibarengi dengan kegiatan pendidikan kesehatan atau penyuluhan kepada masyarakat.

Lima tahun kemudian, sekitar 63 juta penduduk telah mendapat perlindungan dari penyakit malaria. Keberhasilan pemerintah dalam membasmi malaria tersebut, kemudian diperingati sebagai Hari Kesehatan Nasional (HKN) pertama pada tanggal 12 November 1964. Hal itu kemudian menjadi titik awal kebersamaan seluruh komponen bangsa dalam pembangunan kesehatan di Indonesia.

2. Tema dan Tujuan HKN 2019

Tujuan dari peringatan hari kesehatan nasional sendiri adalah untuk mengajak masyarakat agar memiliki budaya hidup sehat, dan meninggalkan kebiasaan atau perilaku yang kurang sehat.

Pada momentum hari kesehatan nasional ke-55 ini, memiliki tujuan utama yakni sebagai pengingat bahwa derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya akan terwujud, apabila semua komponen bangsa ikut berperan dalam upaya kesehatan, serta mengkampanyekan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS).

Sedangkan untuk tema hari kesehatan nasional 2019 ini adalah "Generasi Sehat, Indonesia Unggul".



3. Rangkaian Kegiatan HKN 2019

Mengusung semangat untuk merangkul masyarakat, dunia usaha, profesional, mitra, organisasi dan tokoh masyarakat. Kegiatan Hari Kesehatan Nasional ini diharapkan semakin menyadarkan semua lini bangsa, akan pentingnya pembangunan kesehatan.

Rangkaian kegiatan hari kesehatan nasional yang berada di pusat meliputi, pengabdian masyarakat, kegiatan ilmiah, olahraga, dan lomba, pameran, famili gathering, publikasi dan penghargaan. Juga rangkaian upacara dan tabur bunga di taman makam pahlawan, untuk mengenang jasa pahlawan terutama yang berjasa di bidang kesehatan.

Kemudian pada acara puncaknya, akan diisi dengan car free day, senam bersama, karnaval, fash mob, panggung musik, dan lain sebagainya akan dilakukan di Bundaran HI Jakarta. Sedangkan untuk rangkaian kegiatan hari kesehatan nasional di daerah lain seluruh Indonesia, tidak jauh berbeda dan dapat disesuaikan dengan kondisi masing-masing daerah.

Kegiatan hari kesehatan nasional ke-55 tahun 2019 ini, dilakukan secara serentak di seluru Indonesia pada hari ini.



Simak Video "Teknik Meditasi Pernapasan Sederhana"
[Gambas:Video 20detik]
(nwy/nwy)