Selasa, 12 Nov 2019 11:41 WIB

Menjaga Kadar Gula Darah dengan Nutrisi Makanan Pengganti

Akfa Nasrulhak - detikHealth
Foto: shutterstock Foto: shutterstock
Jakarta - Bagi penyandang diabetes, penting untuk menjaga pola makan harian karena dapat mempengaruhi kontrol gula darah. Apa yang dimakan, jumlah yang dimakan, dan waktu makan penting diperhatikan guna menjaga kadar gula darah sesuai anjuran.

Seperti diungkapkan Head of Medical Kalbe Nutritionals dr Muliaman Mansyur, ada istilah sederhana yang disebut dengan 3J, yaitu Jenis, Jadwal dan Jumlah. Pada jenis makanan, dr Muliaman menyarankan aga penyandang diabetes tidak terlalu banyak mengonsumsi makanan yang mengandung gula.

"Jadwal makannya benar diatur yaitu tetap 3x makan (pagi, siang dan malam) serta 2x snack (sebelum siang dan sore). Lalu jumlahnya, harus benar diatur jumlahnya. Bukan berarti penyandang diabetes menghindari makanan yang manis atau gula tinggi, tapi jenis dan jumlahnya yang harus dibatasi," ujar dr Muliaman kepada detikHealth, baru-baru ini.

Di pola hidup yang serba cepat ini, menjaga pola makan bagi penyandang diabetes memang tidaklah mudah. Karena itu, nutrisi pengganti makan dalam bentuk susu, misalnya, dapat menjadi pilihan untuk membantu pengaturan pola makan. Namun, susu yang disarankan tidak sembarangan.

"Susu untuk penderita diabetes usahakan susu yang benar-benar diatur dan dikontrol kalori serta kandungan terutama gulanya. Jangan minum susu sembarangan apalagi sebagai snack. Biasanya susu yang diberikan adalah sebagai meals replacement atau sebagai ganti sarapan dan makan malam," jelas dr Muliaman.

Hal ini dikarenakan nutrisi pengganti makan, maka jumlah kalori harus terukur bagi penyandang diabetes. Selain itu, susu pengganti makan ini harus memiliki kandungan serat, vitamin dan mineral.


"Pada penderita diabetes tentu harus makan juga seperti makan siang, total kalori yang dibutuhkan biasanya berkisar 1750-2000 kcal/hari tergantung berat badan. Pilih susu dengan kandungan gula isomaltulosa sehingga tidak membuat indeks glicemik atau kadar gula tidak melonjak cepat. Serat tinggi dalam susu juga menjadi pertimbangan karena serat juga akan mempengaruhi penyerapan lemak dam memberikan rasa kenyang yang lebih lama," bebernya.

Karena itu, dr Muliaman menyarankan penyandang diabetes untuk rutin mengonsumsi susu Diabetasol dengan kandungan vitadigest pro dan indeks glikemik rendah.
Diabetasol merupakan meal replacement yang dapat digunakan sebagai alternatif pengganti makan pagi dan snack malam dengan nutrisi lengkap. Setiap porsinya pun mampu mencukupi kebutuhan kalori 260 kkal.

Simak Video "Menu Diet ala Korea Ini Bisa Cegah Diabetes Loh!"
[Gambas:Video 20detik]
(akn/up)